Tutorial Animasi Sketchup 1

Ini tulisan saya yang kedua tentang animasi sketchup, tulisan pertama saya membahas tentang animasi sederhana dengan sketchup.

Kali ini saya akan mencoba membagi ilmu tentang cara lain untuk membuat animasi dengan sketchup yang tentunya hasilnya lebih menarik.

Pertama buatlah terlebih dahulu sebuah gambar seperti  rumah/bangunan sederhana contoh :


Sebelum kita buat animasinya setting terlebih dahulu waktu lamanya animasi sehingga animasi yang muncul tidak terlalu cepat gerakannya, caranya: Klik View – Klik Animation – Klik Setting – Klik animation lagi tambah waktu scane transition kira-kira 5 menit contoh :



Berikutnya adalah kita buat animasinya, caranya klik tool Section Plan letakkan diatas dari objek yang dibuat, pilih view yang tepat sehingga posisi Section plannya pas contoh :


Gerakkan section plan kebawah dengan mengunakan tool move/copy sampai  objek kita tidak kelihatan:


Selanjutnya tampilkan scane nya, caranya klik view – Animation – add  scane akan muncul tampilan seperti ini :


Klik lagi section plane lalu letakkan dibawah dari section plane yang pertama disini warnanya dapat sebagai pembeda section plane pertama berwarna gelap sedangkan section plane kedua berwarna orange contoh :


Selanjutkan gerakkan/tarik/drag keatas section plane dengan menggunakan tool move/copy yang berwarna orange sehingga akan terbentuk seperti ini :


setelah selesai, selanjutnya klik kanan scane 1 lalu klik add sehingga akan terbentuk scane 2, seperti ini :


supaya garis dari section plane tidak kelihatan karena akan mengurangi keindahan  tampilan animasinya  klik view  – klik section plane sehingga tandanya hilang.

Selanjutnya kamu sudah bisa lihat hasil animasinya dengan cara klik view – klik animation – klik play. Bagaimana …? gampangkan kamu bisa gabungkan  animasi ini dengan cara animasi pada tulisan saya yang pertama.

Untuk animasi ini kamu bisa buat scane  yang banyak juga dengan cara section planenya bisa kamu tempatkan pada posisi tegak dan miring contoh :


selamat mencoba…..

Follow Laskar Teknik:

4 Comments

  1. budi praasetyo 07230035

    saya lupa yang ini pak…
    akhirnya bisa jg dgn lyat tutor diatas hehe

    Reply
  2. al

    assala.wr.wb
    pak gmn kl bikin animasi di Sketchup dalam bentuk mobil bergeak + roda kendaraanya ikut bergerak… apa bisa?? mohon bantuannya

    Reply
  3. ipinjk

    pertanyaan sy sma seperti diatas , bgm caranya biar roda kendaraan bisa berputar

    Reply
  4. Najla

    saya pemula di sketchup.. saya ijin coba ya. makasih tutorialnya..

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *