TEKNIK MESIN UNSADA


Teknik Mesin Unsada Menerima Bantuan Lab.Motor Bakar & Transmisi dari Toyota.

Jurusan Teknik Mesin Universitas Darma Persada menerima bantuan Laboratorium Motor Bakar & Transmisi dari Toyota Manufacturing Indonesia melalui program CSRnya, bantuan tersebut terdiri dari :

  1. Alat Praktikum Motor bakar bensin dilengkapi dengan engine diagnostic.
  2. Engine Stand
  3. Sistem Transmisi

Dengan adanya bantuan ini maka laboratorium Jurusan Teknik Mesin sekarang mempunyai 5 buah laboratorium yaitu :

  • Laboratorium Desain Manufaktur.
  • Laboratorium Material Teknik
  • Laboratorium Fenomena Dasar Mesin
  • Laboratorium Prestasi Mesin
  • Laboratorium Motor Bakar dan Transmisi

20160725_130851

Terima Kasih Toyota, semoga bermanfaat untuk kemajuan anak negeri tercinta.

=================================================================================

Selamat buat Jurusan Teknik Mesin Unsada atas pencapaian akreditasi B Berdasarkan SK : 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015, Terima Kasih buat semua pihak yang telah ikut membantu, terutama sekali terima kasih untuk Dekan Fakultas Teknik, Alumni Teknik mesin Unsada, Mahasiswa teknik mesin dan Dosen-dosen teknik mesin yang selalu solid dalam membangun Teknik mesin. Semoga hasil ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

=================================================================================

Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Mahasiswa Harus Punya Keahlian Khusus Yang Bisa Bersaing Di Dunia Kerja

Selama ini, jamak pandangan masyarakat bahwa selembar ijazah pendidikan tinggi, terutama bukti gelar sarjana, merupakan kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan impian. Namun, seiring makin banyaknya sarjana yang diproduksi institusi pendidikan tinggi, selembar ijazah tak cukup lagi.

Gejala ijazah pendidikan tinggi bukan jaminan mengantarkan ke dunia kerja setidaknya tergambar dalam data yang dikumpulkan Badan Pusat Statistik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Agustus 2014, di Indonesia ada 9,5 persen (688.660 orang) dari total penganggur yang merupakan alumni perguruan tinggi. Mereka memiliki ijazah diploma tiga atau ijazah strata satu alias bergelar sarjana. Dari jumlah itu, jumlah penganggur paling tinggi, 495.143 orang, merupakan lulusan universitas yang bergelar sarjana.

Pengangguran terdidik itu (baik berijazah diploma maupun strata 1) meningkat dibandingkan tahun 2013 dengan persentase penganggur lulusan perguruan tinggi sebesar 8,36 persen (619.288 orang) dan pada 2012 sebesar 8,79 persen (645.866 orang).

Sejumlah ahli pendidikan tinggi, seperti Wardiman Djojonegoro, dalam pemberitaan di Kompas, menyebutkan, terjadinya pengangguran terdidik merupakan kelindan berbagai faktor, seperti kurangnya lapangan pekerjaan, pertumbuhan perguruan tinggi dan program studi begitu pesat, serta minimnya kompetensi para lulusan atau tidak sesuainya kompetensi dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja.

Faktor ketersediaan lapangan kerja merupakan hal kompleks tersendiri yang, antara lain, terkait dengan ketersediaan investasi memadai untuk menyerap tenaga kerja dari lulusan berbagai program studi, kinerja ekonomi nasional, dan kondisi ekonomi global.

Penyebab lain, seperti pengendalian mutu institusi pendidikan tinggi dan pembekalan kompetensi lulusan, sesungguhnya dapat lebih dikendalikan. Jangan sampai, ketika mencari pekerjaan, individu dalam usia produktif tidak memiliki keahlian tertentu sehingga dianggap tidak menarik bagi pencari kerja.

Kompetensi

Kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja sebenarnya sudah ada jalan keluar dengan adanya acuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia. KKNI menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Dengan KKNI, ijazah bukan segala-galanya. Berbekal kompetensi yang dimiliki, seseorang bisa memperoleh status setara dengan pemilik ijazah yang memperoleh lewat jenjang pendidikan tertentu.

Tentu saja pengelola perguruan tinggi harus mengubah paradigma, dengan tidak berpuas diri hanya memberikan ijazah kepada mahasiswa tanpa melihat kemampuan dan keterampilan alumninya.

Terbitnya KKNI menjadi kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia. Dengan demikian, kebutuhan pengguna dengan kompetensi tertentu lulusan perguruan tinggi dapat lebih didekatkan.

Perguruan tinggi juga perlu didorong bekerja sama dengan para pengusaha dalam membuka kesempatan magang bagi mahasiswa ataupun alumni yang baru lulus. Para lulusan setidaknya dapat memiliki secuplik gambaran nyata tentang dunia kerja yang akan dimasuki.

Satu hal yang perlu diluruskan ialah sering tercampurnya antara tujuan pendidikan tinggi yang bersifat akademis dan menciptakan manusia berpikir ilmiah dengan pendidikan vokasi yang bertujuan menyiapkan tenaga terampil siap kerja. Individu kadang berpikir bahwa dengan memegang gelar sarjana sudah mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk bekerja. Padahal, tidak demikian.

Supaya jumlah penganggur bergelar sarjana berkurang, pemerintah perlu mendorong pengembangan pendidikan vokasi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berencana memprioritaskan pengembangan pendidikan vokasi.

Data Dikti menyebutkan, ada 1.357 akademi, 2.508 sekolah tinggi, 255 politeknik, dan 124 institut. Adapun universitas hanya ada 504. Artinya, mayoritas perguruan tinggi di Indonesia bergerak di bidang vokasi. Akan tetapi, jumlah program studi (prodi) vokasi hanya 20 persen dari total prodi yang ada. Dengan menambah program vokasi, diharapkan tercipta tenaga kerja terampil yang bisa segera diserap pasar.

Namun, perlu diingat, proses pendidikan di perguruan tinggi tak sekadar pencetak tenaga kerja dan berorientasi pasar. Terdapat sisi dan fungsi penting lain dari penyelenggaraan pendidikan tinggi, termasuk yang bergerak di pendidikan vokasi.

Seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pendidikan tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak ?serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam ?rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi lain ialah mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan ?kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma. Pendidikan tinggi juga berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.

Pada akhirnya, pendidikan tinggi tak hanya persoalan investasi individu untuk dapat bekerja, tetapi juga menentukan kesejahteraan bangsa dan peradabannya. (kompas.com)

55 thoughts on “TEKNIK MESIN UNSADA

  1. oiya tambahan mas…buat post yg udah tutup tolong kasih keterangan TUTUP.

    dan lowongan untuk D3 teknik mesin tolong diperbanyak.

    trima kasih.

    • mas untuk pasang lowongn kerja di www ini gratis kan tidak dipungut biaya sama sekali

      thnx

      di tungggu jwb ny segerah

  2. wah!…tambah matching aja tampilannya web nya dan kontennya makin rapi jadi gampang dibacanya.
    oia mas buat teknik mesin yang wanita teknik mesin sebenarnya ada banyak lowongannya ga mas?
    trima kasih.

  3. Jakarta November 2010
    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu. Maka saya yang beratas namakan di bawah ini :

    Nama : HARIF AL FAJRI
    Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1986
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Teknik Mesin Universitas Pancasila

    Ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu, saya bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki, tidak lupa saya lampirkan kualifikasi, guna sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy Ijazah S – 1
    3. Foto copy KTP
    4. Foto copy SKCK
    5. Foto copy Transkip Akademik
    6. Foto copy Sertifikat Modul Simulasi Mekanika
    7. Foto copy Modul Simulasi Thermal
    8. Foto copy Modul Autocad 2D
    9. Foto copy Modul CAD – Gambar Mesin
    10. Pas Photo 4 x 6 (1 lembar)
    Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    HARIF AL FAJRI

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    Nama : HARIF AL FAJRI
    Alamat : Jl. Cipinang Lontar 3 RT. 011/09 No. 48
    Jakarta Timur
    No. Telp : 021 – 913 41455
    Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1986
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Menikah
    Agama : Islam
    Bangsa : Indonesia

    PENDIDIKAN
    1. SDN 05 Pagi Jakarta Lulus Tahun 1998
    2. SMP Swadaya Jakarta Lulus Tahun 2001
    3. SMK Kemala Bhayangkari I Lulus Tahun 2004
    4. S – 1 Teknik Mesin Universitas Pancasila Lulus Tahun 2010

    Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

    Jakarta, November 2010

    Saya yang bersangkutan

    (HARIF AL FAJRI)

  4. salam solidaritas,,,,,,
    tanks banget y mas tas info2 joby, kami sangat terbantu bngt tas adanya blog mas ini…
    tp lo bs d liatin jg info job bagi mhasiswa yg blm tamat karna kami jg mampu,,,, tanks sbelumnya y mas….

  5. thanks infox bos, sangat2 berguna skali buat kami. tp mohon buat lowongan juga untuk daerah makassar. sekali lagi thanks……

  6. kok banyak lowongannya di jakarta n luar pulau ya????kalau bsa lowongan yang di surabaya ada gak n tesnya kalau bsa di surabaya ja dulu….

  7. karawang November 2011
    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu. Maka saya yang beratas namakan di bawah ini :

    Nama : Winar Endra arif
    Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 21 November 1988
    Pendidikan Terakhir : Negeri 1 Kertosono

    Ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu, saya bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki, tidak lupa saya lampirkan kualifikasi, guna sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy Ijazah
    3. Foto copy KTP
    4. Foto copy Sertifikat welding 3f
    5. Foto copy surat pengalaman kerja
    5. Pas Photo 4 x 6 (1 lembar)

    Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    Winar endra arif

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    Nama : Winar endra arif
    Alamat : Dsn.Teluk Jambe Ds.Pinayungan Kec.teluk Jambe timur
    Karawang
    No. Telp : 085714560087
    Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 21 November 1988
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Menikah
    Agama : Islam
    Bangsa : Indonesia

    PENDIDIKAN
    1. SDN Waung 4 Baron Lulus Tahun 2000
    2. SMPN 1 Kertosono Lulus Tahun 2003
    3. SMKN 1 Kertosono Lulus Tahun 2006.

    Karawang, November 2011

    Saya yang bersangkutan

    Winar endra arif

  8. tolong muatin lowongan yang ada di sumatra, khususnya teknik mesin di aceh, soalnya banyak perusahaan tambang yang sudah masuk, tapi tidak ada info lowker.

  9. ada yg buat IPK 2,40 apa ngk??. Perusahaan mau cari pegawai atau cari IPK ya???. atau kebanggaan pribadi yang semu… (guntur welder)

  10. obviously like your web-site but you need to test
    the spelling on several of your posts. Several of them are rife with
    spelling issues and I to find it very bothersome to inform the
    truth however I will certainly come again again.

  11. Normally I do not learn article on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to take a look at and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very great article.

  12. I do accept as true with all of the concepts you have offered for
    your post. They are really convincing and can definitely work.
    Nonetheless, the posts are very brief for novices. May you please extend
    them a bit from subsequent time? Thank you for the post.

  13. Wasn’t Cinderella supposed to be mopping up messes anyway. Because of this requirement, online sellers need to look for the most trusted of drop shippers in the internet, which is where Sale – Hoo comes in. You can even go for classic items to ensure profits and sales.

  14. Right here is the perfect blog for everyone who really
    wants to find out about this topic. You understand
    a whole lot its almost tough to argue with you (not that I personally would want to…HaHa).
    You definitely put a fresh spin on a topic that
    has been written about for ages. Excellent stuff,
    just excellent!

  15. bisa di tambahin keterangan untuk kualifikasi tentang lowongannya gk?
    dari range gaji dan spesifikasi pelamaran nya …
    biar lebih jelas dan tidak pusing lagi menanyakan hal yang sama berulang kali ,,,
    untuk informasi lowongan kerja akuntasi dan perpajakan disini apa ada ketegori khusus atau tidak???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s