Perbedaan Pengering Indoor dengan Pengering Outdoor

Secara umum pengering atau oven terbagi atas 2 macam yaitu pengering jenis indoor ( di dalam ruangan ) dan pengering jenis outdoor ( di luar ruangan ). Berikut penjelesan masing-masing perbedaannya :
  • Pengering  indoor ( di dalam ruangan )

  • Pengering jenis ini hanya mengandalkan energi panas dari tungku yang sumbernya bisa biomassa (kayu, arang, dll), gas dan elemen listrik. Dalam pembuatan oven ini bahan utamanya bisa dari plat baja, alumunium dan dari bata. Kelebihannya proses pengeringan bisa berjalan kontinu dan umur pakai oven bisa lebih lama. Untuk kekurangannya adalah pemakaian energi panas lebih boros yang imbasnya cost untuk bahan bakar lebih banyak.
  • Copy of Pengering kopra indoor
  • Pengering outdoor ( di luar ruangan )

  • Pengering jenis ini mempunyai 2 sumber energi panas yaitu dari panas matahari dan panas dari tungku sumbernya bisa biomassa (kayu, arang, dll), gas dan elemen listrik. dalam pembuatan oven ini bahan utamanya dari plastik yang transparan sehingga cahaya matahari bisa masuk kedalam ruangan (Efek rumah kaca). kelebihan pengering/oven jenis ini adalah pemakaian energi panas dari sumber lain lebih sedikit yang  mengakibatkan cost untuk bahan bakar lebih irit. Kekurangannya adalah proses pengeringan bisa terganggu jika cuaca kurang bagus, seperti terjadi hujan lebat dan angin kencang karena berpengaruh terhadap kestabilan suhu dalam ruangan.
  • Pengering ikan Outdoor

1 Comment

  1. Sri Susilawati

    hhmmm jadi, apabila kalau dibandingkan dengan air conditioner, cara pengeringannya sama ya gan.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *