MESIN PENGERING HYBRID

  • PENGERING HYBRID

Mesin pengering/oven  hybrid biasanya digunakan untuk menyatakan penggunaan dua sumber energi dalam satu mesin yang digunakan. Energi yang digunakan bisa keduanya sekaligus maupun bisa digunakan bergantian Untuk mesin pengering/ oven sendiri pengertian hybrid bisa diartikan mesin pengering tersebut mempuyai/memanfaatkan dua sumber energi dalam pengoperasiannya, biasanya kombinasi sumber energi yang sering digunakan adalah : 1. Mesin Pengering hybrid tenaga matahari dan biomassa. 2. Mesin Pengering hybrid tenaga matahari dan gas. 3. Mesin Pengering hybrid gas dan biomassa. Mesin pengering hybrid dalam operasional akan memerlukan lebih sedikit biaya dan sangat membantu dalam hal proses pengeringan. Mesin pengering hybrid ini bisa dimanfaatkan untuk pengeringan hasil pertanian, laut maupun untuk hasil industri kecil seperti pengeringan kerupuk,tanaman herbal dll. 

================================================================================

  • PENGERING TANPA LISTRIK

Mesin pengering/oven pengering tanpa listrik ini bisa digunakan untuk mengeringkan produk hasil pertanian seperti, pengeringan kopra, pengeringan cengkeh, pengeringan ubi, pengeringan buah coklat dlln, dan dapat juga digunakan untuk pengeringan hasil laut seperti pengeringan ikan, pengeringan rumput laut dlln. Mesin pengering/oven pengering ini cocok digunakan didaerah yang jauh dari sumber listrik atau tidak mempunyai jaringan listrik sama sekali.

Prinsip pengeringannya sama dengan mesin pengering/oven pengering yang mempunyai listrik.  Mesin pengering/oven pengering ini bisa memanfaatkan panas dari tungku biomassa atau gas atau bisa juga kita kombinasikan dengan matahari, untuk sirkulasi udara didalam ruangan kita memanfaatkan arah angin untuk membuang uap air yang terdapat selama proses pengeringan. Mesin pengering ini sangat ramah lingkungan dan dapat menghemat biaya operasional selama proses pengeringan.

Untuk ukuran  tergantung kapasitas pengeringan, ukuran terkecil yang kita buat panjang 3 m, lebar 2m dan tinggi 2,4 m dan ukuran terbesar panjang 6m, lebar 2m dan tinggi 2,4 m, sistem knock down (bongkar pasang) menggunakan baut sehingga mudah untuk dirakit, tersedia 2 tipe yaitu untuk indoor (dalam ruangan) dan untuk outdoor (diluar ruangan).

oven kora tanpa listrik

Untuk pemesanan dan penjelasan lebih lanjut dapat menghubungi Yefri Chan.ST,MT. No HP : 081310607628 atau Via WhatsApp , alamat workshop : Jl.Jati Kramat Baru No.101B, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat

=================================================================================

 

  • Mesin Pengering Ikan Hybrid

Mesin pengering ikan tenaga surya/matahari ini mengkombinasikan antara pengeringan dengan matahari langsung (direct solar drying) dengan pemanasan  bantuan tungku biomassa, pada cuaca buruk sekalipun pengeringan masih tetap bisa dilakukan,

Adapun spesifikasi dari mesin pengering ikannya adalah :

1. Dimensi  panjang 6 m, lebar 2m dan tinggi 2,5 m

2. Tipe rak

3. 2 unit tungku Gas/ Tungku Biomassa

4. 2 buah blower 180 Watt.

5. Kapasitas pengeringan tergantung jenis ikan yg akan dikeringkan

6. Temperatur pengeringan 50 C sampai dengan 80 C

7. Harga pengering ikan Rp. 45.000.000 diluar ongkos kirim

Kami bisa membuatkan mesin pengeringnya sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.

Kami mempunyai pilihan hanya menyediakan jasa konsultan desain saja tanpa membuat langsung alatnya atau konsumen sendiri yang membuat alatnya.

Pengering Hybrid/surya untuk ikan

Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat menghubungi Yefri Chan ST. MT, No Hp 081310607628 , Via WhatsApp , email : yefrichan2000@gmail.com, Alamat Workshop : Jl.Jati Kramat Baru No.101B, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat . Kami juga menerima jasa konsultan dan Desain untuk mesin pengering hasil pertanian dan laut.

================================================================================

  • Pengering Cumi, Udang dan Ikan Hasil Laut Hybrid

Pengering cumi, udang dan ikan hasil laut ini menggunakan ruang pengering tipe kubus menggunakan dinding transparan dengan tambahan tungku biomassa.

Adapun spesifikasi dari pengering tipe ini adalah :

  • Dimensi      : Panjang 6m, lebar 2m dan tinggi 2,4 m
  • Daya listrik : 500 W
  • 2 Buah Fan
  • 2 unit tungku biomassa dengan laju pembakaran 2 s/d 3 kg kayu/batok kelapa perjam.
  • Lama rata-rata pengeringan ± 12 jam.
  • 15 buah rak tempat meletakkan cumi, udang dan ikan  serta hasil laut.
  • Untuk cumi bisa diletakkan dirak/ digantung
  • Temperatur ruang pengering 40 oC sampai dengan 60 oC.
  • Rangka bisa menggunakan besi, kayu atau alumunium.
  • Harga pengering Rp. 45.000.000, diluar ongkos kirim

Dimensi dari ruang pengering bisa berubah-ubah sesuai dengan keinginan dan kapasitas yang diinginkan, Untuk pemesanan dan informasi lainnya dapat menghubungi Yefri Chan, No Hp 081310607628.  Via WhatsApp , email : yefrichan2000@gmail.com, Alamat Workshop : Jl.Jati Kramat Baru No.101B, Jatikramat, Jatiasih, Kota Bks, Jawa Barat .

79 Comments

  1. DIDIT

    pak jefry saya mau tanya,, kalau kopling multiple clutch tipe basah bgmana cara perhitungannnya,, terima kasih

    Reply
  2. hairul

    pa jefri kalau tuk b/d itu rasio perbandingan apa….

    Reply
  3. yefri chan

    b/d rasio lebar plat terhadap diameter harganya antara 0,15 s/d 0,3

    Reply
    1. hairul

      harga konstanta pegas mana yg diukur mas tuk rumus Mr=C.Mh
      apa kah pegas yg di diagfragma apa di plat kopling

      Reply
      1. yefri chan

        Mr itu bukan konstanta pegas tapi torsi gesek.

        Reply
      2. hairul

        yang C mas konstanta pegas mana yg dipake apa ada tabelnya

        Reply
  4. hairul

    mas untuk bab 2 nya kan ada tuh persamaan ama tabel apa bs saya liat masalahnya saya mau ngangkat juga tu TA en referensi buku nya pa ya mas……makasih

    Reply
  5. Yefri Chan (Post author)

    1. Machine Element ( design and calculation in mechanical engineering) volume II by Niemann, G
    2. Design of machine elements, by Spoot, MF
    3. Dasar perancangan dan pemilihan elemen mesin, by Sularso and Kiyokatsu.

    Reply
    1. hairul

      lampiran ama tabelnya ada mas

      Reply
  6. Yefri Chan (Post author)

    C itu koefesien gesek yang nilainya untuk mobil 2 S/d 3.

    Reply
  7. Yefri Chan (Post author)

    tabelnya nanti saya posting lengkap dengan contoh perancangan lain..

    Reply
  8. hairul

    sudah mas di posting tabelnya

    Reply
  9. hairul

    mas sya bs minta no yg bs dihub bnyk yg mau saya tanyakan

    Reply
  10. Yefri Chan (Post author)

    ok, sudah saya posting selamat belajar…

    Reply
  11. fitri

    mas,,kok proses pengerjaan dingin-nya gak bisa d download??

    Reply
  12. hairul

    terima kasih mas dengan posting lengkap yg mas berikan saya dapat menyelesaikan Ta saya

    Reply
  13. hairul

    didalam perancangan kopling tersebut terdapat jumlah plat mksdnya jumlah plat gesek apa kampasnya pak

    Reply
  14. yefri chan

    jumlah plat geseknya..

    Reply
    1. hairul

      b/d itu apa y apa lebar ama diameter

      Reply
      1. Yefri Chan (Post author)

        rasio antara diameter dalam pelat dengan diameter rata-rata..

        Reply
      2. hairul

        apakah b/d itu emang sudah ketetapan ya pak

        Reply
  15. hairul

    oh begitu ya pak…..eh maksih pak ….
    ps itu satuan en dibagi rpm ko bs jd kgf.cm apa sih satuan masing – masing pak

    Reply
  16. Yefri Chan (Post author)

    b/d sudah ketetapan dan range sudah ditetapkan, lihat lampiran.. ya ps satuan daya kan sudah ada faktor korelasinya Mh= 71620 N/n
    71620 faktor korelasi coba lihat referensi yang saya berikan

    Reply
    1. hairul

      oh begitu ya pak terima kasih atas pengetahuannya

      Reply
      1. hairul

        oh ya pa nanya lg untuk dk = asumsi
        = do + 2 x 3 itu didapat dari mana pak ???
        oh ya saya kan mau mengangkat tentang gaya apakah ada konstanta pegas matahari en rumusnya apa pak
        makasih atas bantuannya

        Reply
  17. Abu Isa

    Maaf pak, saya sekarang lagi membuat tugas perancangan. Yang menjadi kendala saya saat ini adalah menghitung rodagigi miring silang. Saya bingun harus memulai menghitung dari mana.
    Mohon bantuannya.
    Nb: Rodagigi miring silang adalah rodagigi yang memiliki poros saling tegak lurus 90deg.

    Reply
  18. yefri chan

    pertama yang harus diketahui berapa daya dan putaran yang harus di transmisikan, coba kamu lihat buku dasar perancangandan pemilihan elemen mesin oleh Ir. Sularso penerbit PT Pradnya Paramita..

    Reply
    1. Abu Isa

      Maaf pak, ingin tanya lagi
      Saya lagi mencari tugas perancangan proses manufaktur dan saya mengambil judul pembuatan pipa pralon PVC. Di mana saya bisa mendapatkan referensi mengenai masalah ini. Terimakasih.

      Untuk tugas perancangan mesin.
      Mesin saya, mesin manual yang diputar oleh tangan. Mesin yang saya buat adalah mesin pencacah sampah organik skala rumah tangga. Bentuknya mirip blender, namun yang membedakan adalah penggerak dan prosesnya. Karena sampah yang sudah hancur langsung turun ke bawah tidak seperti blander yang harus dituang. Jadi untuk putaran saya asumsikan tangan mempu memutar 100rpm. Kemudian ingin saya reduksi dengan rodagigi ini dengan perbandingan 1:7, sehingga diperoleh putaran 700rpm.
      Untuk proses perancangan roda gigi ini apakah sama perhitungannya dengan rodagigi lurus. Karena buku-buku elemen mesin hanya membahas rodagigi lurus dan hanya sedikit menyinggu rodagigi miring silang ini.
      Bagaimana pak
      Mohon bantuannya…

      Reply
  19. yefri chan

    dk = diameter rumah kopling, diameter rumah kopling harus lebih besar dari diameter luar do jadi dk bisa diasumsikan dengan syarat lebih besar dari do, nilai asumsinya diambil dari tebal lapisan plat gesek dikali jumlah plat gesek (2×3)..

    Reply
    1. hairul

      kalao untuk konstanta pegas diagfragma ada pak

      Reply
  20. yefri chan

    Proses pembuatan pipa paralon PVC, pada prinsipnya sama dengan proses pembuatan pipa dengan bahan plastik, PVC nama dari campuran bahan plastik coba baca proses pembuatan produk plastik, referensi bisa “teknologi mekanik I” oleh sriati japrie, Penerbit Erlangga.
    Memang benar contoh perancangan dengan menggunakan roda gigi miring silang jarang dijumpai direferensi, yang harus diperhatikan adalah fiungsi dari roda gigi miring silang, apakah cocok untuk untuk meneruskan putaran rendah, jadi harus tahu dulu karakteristik masing-masing roda gigi, kita kita memutuskan menggunakannya..
    Dalam hal perhitungan jelas tidak sama…
    Perhitungannya bisa jadi sama dengan roda gigi miring….

    Reply
    1. Muhammad Al Amin

      saya pengen naya kepada saudar cara proses pembuatan roda gigi miring silang…???

      Reply
  21. yefri chan

    disini kita tidak menghitung pegas, jadi tekanan pada pegas sama dengan tekanan yang diberikan oleh plat gesek, saya belum dapatkan tabelnya..

    Reply
  22. gerhand

    Mas Yefri.
    tolong mas aq jadi bingung sendiri, gmna sih cara atau rumus ntuk nyarik slip atau % slip V-belt pompa torak dengan prime mover engine jika di hubungkan dari pengaruh jarak poros penggerak dan poros pompanya ( C )?..makasih ya mas tolong donk.
    balas ke e_mail saya : gerhandc@yahoo.com

    NB: buat sapa z yang tau deh tolong ya…

    Trimakasih bnyak sebelumnya

    Reply
  23. joni andi sembiring

    maaf pak,saya mau tanya,tugas getaran mekanik untuk universitas suryadarma yg mana ya pak??

    Reply
    1. joni andi sembiring

      maaf pak,saya sudah dpt soalnya..

      Reply
  24. Tuti Mulyanti

    siang pak.
    saya mau konsultasi tentang mata kuliah getaran mekanik pak.
    saya harus menghubungi bapak kemana??
    saya bingung.
    terima kasih pak, ini sangat penting bagi saya.

    Reply
  25. Tuti Mulyanti

    siang pak.
    saya mau konsultasi tentang mata kuliah getaran mekanik pak.
    saya harus menghubungi bapak kemana??
    saya bingung.
    terima kasih pak, ini sangat penting bagi saya.
    terima kasih

    Reply
  26. yefri chan

    ke email saya yefrichan2000@yahoo.com

    Reply
  27. Tuti Mulyanti

    terima kasih pak..

    Reply
  28. Eri'

    pak minta tolong dibuatkan perancangan kopling cakram
    dengan daya 40dk dan putaran 250rpm
    terima kasih sebelumnya..

    Reply
  29. ilham

    mas atau pak ni?
    tukeran link dong, banner link anda sudah saya publish di blog saya. gantian link saya ya? makasi (blognya bermanfaat bngt bagi anak teknik)

    Reply
  30. ricjy

    usul buat TA apa ya yang mudah dan ringkas

    Reply
  31. bintangbirulangit

    Pak yefri mbok nulis tentang vacuum pump, cara kerja dan troubleshootingnya..hehehe

    Reply
  32. Arie

    MAS saya mau tanyak ni,kapan kita harus menggunakan roda gigi lurus,roda gigi kerucut,roda gigi miring?

    trim’s

    Reply
  33. roni

    pak bisa kasih contoh gambar bentangan untuk hopper ga, soalnya lg perlu banget sama penjelasannya. soalnya agak rumit bikin gambat bentangan berbentuk hopper mesin sama prisma..
    makasih

    Reply
  34. m.zaenaturrohmatudin

    mas slam knal saya dri universitas muhammadiyah jakarta t.mesin

    Reply
  35. engky

    pak, bapak punya contoh penacangan tangki dengan sambungan las??? klo ada, tolong di upload ya pak…
    sya dapat tugas merancang tangki dgn kapasitas 3500 ltr, trus sya tdk tau harus mulai darimana….
    mohon bantuanya… thank’s…

    Reply
  36. Prasisto Sisto

    selamat siang pak,pak kamimau nanya sekarang kami lagi mengerjakan tugas akhir,sedangkan tugas akhir kami landasan teorinya ada ulir penggraknya dan ulir tersebut memakai ulir segi empat yang kami ambil dari buku perencanaan elemen mesin 1 disini sdh ada rumus – rumusnya tami kami masih bingung cara menghitungnya mulai dari mana dulu?tolong ya pak kalau ada contoh soal dan penyelesaiannya biar kami dengan mudah untuk mempelajarinya?sebelumnya trima kasih atas bantuan saudara semuanya

    Reply
  37. zaenaturr

    pak jefry saya ingin brtanya saya ingin mngajukan tugas akhir mngenai proses thermal spray pada komponen suatu pesawat terbang tapi saya bingung mnentukn batasan masalahnya … tolong yh pak di blz

    Reply
  38. anazh

    Slamat malam, mkasih sebelumnya,..!!! lwat ini saya hanya ingin mohon bantuannya untuk saran bahan bwt TA yg berhubungan dengan peswat terbang selain landing gear dan propeller. mhon infonya

    Reply
  39. bintara aritonang

    maaf pak,

    saya mau brtanya tentang komponen engine.
    gmna sih cara kerjanya torak itu pada saat kompresi,masuk,dan pd saat buang.

    dan flywheel itu brapa permenit kah putarannya itu pada saat torak menghasilkan pembuangan.
    dan gmnakah cara kerjanya flywheel itu.??

    trimakasih pakk
    .

    Reply
  40. galih

    pak,
    saya mau tanya pierching dlm fabrikasi.tolong posting artikelnya.
    terimakasih

    Reply
  41. ifni wibowo

    pak,
    saya mau tanya klasifikasi sifat-sifat baja jenis armox?
    tolong kl bs kirim datanya k email saya

    Reply
  42. fcubilas@yahoo.co.id

    mas tolang dong alamat kursus/sekolah mesin bubut di jakarta timur. terima kasih

    Reply
  43. andreas

    Selamat pagi pak saya mo minta tolong nie…kebetulan saya lagi menyusun skripsi saya…saya ingin menenyakan bagaimana cara menghitung poros yang aman bila mana torsi dan daya sudah ditentukan, berikut data2nya:

    daya rata2 : 20,35 ps
    rpm : 9250

    tolong infonya..
    best regrads
    andreas

    Reply
  44. alim kansar

    pak minta tolong di posting tentang perancangan pompa defrensial.

    Reply
  45. deniferdian

    pak kalo perbandingan pegas kopling tipe koil dan diafragma berdasarkan rumus gmn y?

    Reply
  46. saifuddin

    pak gimana bentuk plat gesek dari bagian kopling dalam bentuk proyeksi

    Reply
  47. fatriyah

    sore pak…mohon maf menggangu,,,mau tanya,,,untuk bahan kul elemen mesin senen bsk anak kul malam pa y pak???
    thanks……

    Reply
  48. rohmanudin

    ass… pak ,,,,, untuk elemen mesin dalam membuat kisi-kisi soalnya seperti apa?

    Reply
  49. rahman

    pak tolong kirim kn LAH tentang satuan dan standar pada elemen mesin

    Reply
  50. slamet widodo

    Bos tugasII gambar TI kok belum diupdate. thank you.
    saya tunggu tuganya

    Reply
  51. Giyanto

    Pak Yefri Yth, kalo kecepatan angin 22 m/s, berapa nilai kerapatan udaranya? Trims sebelumnya Pak.

    Reply
  52. deavy T

    mau tanya tetang perhitungan dan pemilihan jenis pompa air buat plumbing toserba lt 7????

    Reply
  53. kimpur

    pak,saya punya tugas tentang pemrosesan keramik!!! ,ada gak artikel lengkap tentang pemrosesan keramik,persiapan serbuk,pengabungan dan yg lainya…klu ada tolong di ponsting donk….makasih…

    Reply
  54. panji

    pak yefri maaf mrepotkan sebelumnya,,
    mau tanya apa ada postingan tentang sambungan lem buat elemen mesin,,
    saya cari cari nggak ada,,

    Reply
  55. Eka asyarullah

    selamet sore pa yefri,,
    maaf ganggu sore-sore gini,,,sya mahasiswa UPI Bandung jurusan Pendidikan Teknik Mesin,, sedang menyelesaikan TA tentang kopling…isinya seh pembuktian perancangan kopling avanza,,,hasil perancangan di bandingkan dengan hasil pengukuran sebenarnya.
    yang jadi masalah saya kesulitan data dalam perencanaanya,,,untuk koefisien gesek pelat kopling avanza berapa ya pa? terima kasih..

    Reply
  56. eka asyarullah

    pa,,,mau tanya,,dalam perancangan kopling disitu ad pengujian harga KT dan KU,,,itu maksudnya untuk apa??

    Reply
  57. ganda

    mas ,, mau nanya ,, apa pengaruh tekanan pompa oli terhadap daya kerja mesin diesel …??

    Reply
  58. aldan kusuma wibawa

    bang… perbedaan ”kekuatan,kekuatan tarik,kekuatan luluh” apa yaaa….???

    Reply
  59. Dwii Alwayš Chềềrful II

    ada bahan perencanaa transmisi roda gigi planet gak yaa??

    Reply
  60. jonas

    pak..ttg elemen mesin, yg mau ditanyakan tentang momen puntir..cara penjabaran dr konstanta 76120 asalnya dari mana ya pak..terima kasih pak

    Reply
  61. jonas

    pak..sy mau tanya tentang elemen mesin,sepert momen puntir cara penjabaran dr konstanta 76120 asalnya dari mana ya pak..mohon bantuannya..terima kasih

    Reply
  62. rudi faisal siregar

    assalamualaikum pak jef,,

    Reply
  63. rudi faisal siregar

    pak jef bisa minta perhitungan material yang dulu ga? stresses dan strains. email aja pak. makasih pak sebelumnya, bdw ada project ga nih,, lumayan lah buat drilling2. hehehe

    Reply
  64. Ikkon Adi Surya Manurung

    pagi pa, mau tanya,
    klo untuk poros kepala tetap pada mesin bubut, untuk perhitungan’y, bgmna yaa.
    mksh

    Reply
  65. Erico

    Pak ada contoh soal yang seperti ini ngga? Rancanglah sebuah baut tanam dan mur untuk beban luar yang berulang pada selinder sebuah kendaraan. kendaraan tersebut memiliki 1 selinder yang mana kompresinya sebesar 10,2 MPa, diameter selindernya 62 mm, volume selinder 147,3 cc. mesin tersebut diikat oleh 4 buah baut. panjang selinder dan kepala selinder 19 cm.

    Reply
  66. Malau Lemon Tea

    pak yefri saya mau tanya megenai TABEL 1. EMPIRICAL VALUES FOR C ( nilai kostanta (c) pada motor itu berapaya pa? kan kalau pada tabel 2-3 nilai konstanta (c) pada mobil jadi apakah nilai konstanta (c) pada motor juga sama.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *