PEMANAS/ TUNGKU LISTRIK


Tungku Listrik

Tungku listrik adalah tungku yang menghasilkan energi panas dari dari energi listrik, jadi konversi energinya dari listrik menjadi energi panas.

Tungku listrik mendapatkan panas dari elemem yang berbentuk tubular, plat, maupun berbentuk kawat yang mana pada saat dialiri oleh listrik maka akan timbul panas. berikut contoh elemen listrik yang sering digunakan :

Elemen PemanasDalam membuat tungku listrik yang harus di perhatikan adalah :

  1. Kebutuhan suhu ruangan
  2. Ukuran ruangan
  3. Isi ruangan ini sangat penting jika tungku listrik digunakan untuk mengeringkan suatu bahan.

Tungku listrik bisa  digunakan untuk, Memanaskan air, minyak, menghangatkan ruangan dll, salah satu contoh tungku listrik untuk menghangatkan ruangan adalah :

Pemanas Ruangan

Pemanas Ruangan

Jadi besar kecil energi listrik yang digunakan tergantung 3 faktor diatas.Kita membuat pemanas ruangan mulai dari 500W sampai dengan 50 kW.

Untuk Pemesanan bisa datang langsung keworkshop  : Laskar Teknik, Jl. jati kramat baru. no 101B.  RT 04/05. Jati kramat, Jati Asih. Kota Bekasi, Telp : 081310607628.

=================================================================================

Oven Listrik

Pengertian oven listrik adalah oven yang menggunakan sumber panas dari tenaga listrik. Umumnya alat yang digunakan untuk menghasilkan panas tersebut dinamakan elemen.

Kelebihan dari oven listrik adalah lebih mudahnya dalam pengaturan suhu didalam oven. sehingga oven listrik banyak digunakan dipabrik-pabrik yang membutuhkan kecepatan dan hasil yang memuaskan. contoh aplikasi oven listrik adalah untuk oven pengecatan, untuk oven  kayu, untuk ruang pengujian display barang dan lain-lain.

yang harus diperhatikan dalam pembuatan oven listrik adalah :

  1. Berapa besar suhu yang diinginkan.
  2. Jenis barang atau materaial yang akan di keringkan.
  3. Luas oven yang diinginkan, karena dalam pembuatan oven lebih kecil luas oven akan lebih baik, karena lebih cepat mendapatkan suhu yang diiginkan.

Contoh Desain Oven Listrik

Contoh Desain Oven Listrik

==============================================================================

Pemanas Listrik Untuk Oven Pengeringan

Panas yang dibutuhkan untuk pengeringan bisa juga dibuat dengan memanfaatkan tenaga listrik yang selama ini lebih dikenal dengan istilah heater. Besarnya daya listrik yang dibutuhkan tergantung dari volume oven dan volume dari bahan yang akan dikeringkan. Semakin besar volume ruangan dan volume bahan maka akan semakin besar juga kebutuhan akan daya yang diperlukan untuk membuat pemanas/heater listriknya.

Beberapa kelebihan dari pemanas/heater listrik ini adalah :

1. Pengontrolan temperatur oven pengering lebih mudah.

2. Pengoperasiannya mudah

3. Kebutuhan akan tenaga kerja lebih sedikit.

Berikut contoh dari pemanas listrik yang digunakan untuk oven pengeringan :

Pemanas Listrik Untuk Oven PengeringPemanas/Heater listrik untuk oven pengering biasanya dilengkapi dengan blower untuk distribusi panas kedalam oven pengering, elemen pemanas yang berfungsi untuk menghasil panas, termokoupel untuk sensor temperatur dan digital termostat untuk kontrol temperatur.

Perbedaan antara pemanas listrik untuk ruangan/rumah biasanya terletak dari segi desainnya, desainnya lebih sederhana karen  untuk rumah panas yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi berkisar antara 28 C s/d 30 C , Kalau pemans listrik untuk oven pengering desainnya lebih sulit karena kita harus bisa memaksimalkan panas yang ada pada elemen pemanas sehingga dihasilkan panas yang maksimal, Untuk pengeringan biasanya panas yang dibutuhkan adalah 35 C s/d 80 C.

Berikut contoh pemanas ruangan/rumah.

Pemanas Ruangan/RumahUntuk harga dari pemanas bergantung dari kebutuhan daya listriknya semakin besar daya listrik biasanya semakin mahal juga harga pemanas listrik. Untuk informasi lebih detail dapat menghubungi Yefri Chan. ST, MT . No HP : 081310607628  atau Via WhatsApp.   dengan Alamat Workshop: Jl. Jati Kramat Baru, No. 101B, RT 04/05, Kel. Jati Kramat Baru. No 101B, Jati Asih, Kota Bekasi.

=================================================================================

Pemanas Ruangan

Pemanas Ruangan yang kami tawarkan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk rumah tangga, industri skala kecil maupun besar.

Bentuknya yang Minimalis membuat penggunaan Pemanas Ruangan kami begitu efektif dan portable, sehingga mudah dibawa-bawa.

Pemanas Ruangan

Pemanas Ruangan

Penggunaan Pemanas ruangan antara lain sebagai:

Pengeringan makanan/ bahan makanan

-Pengeringan pakaian untuk keperluan Laundry atau Rumah tangga

-Pengeringan bahan yang telah di cat

-Pengeringan untuk Kayu

-Penghangat ruangan dengan suhu dingin

-Penghangat kandang hewan ternak

-dan lain-lainnya

Ukurannya sendiri bisa di pesan sesuai dengan keinginan pembeli dan dengan besar watt yang diinginkan juga, pengerjaannya membutuhkan waktu makisimal 1 minggi tergantung banyaknya pesanan dan desain, namun untuk penggunaan sederhana kami menawarkan produk teranyar kami yang memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Ukuran 40 x 40 x 50 cm (p xl xt), Tergantung kebutuhan
  • Daya Listrik mulai 500 w s/ 50.000 w, semakin besar maka panas yang dikeluarkan semakin besar juga
  • Digunakan untuk Besar ruangan 2 x 2 x 2 Meter bisa lebih tergantung besarnya elemen yang digunakan
  • Suhu maksimal bisa dikontrol mulai 25 C s/d 300 C
  • Harga mulai Rp. 3.000.000 tergantung besar listrikya

Untuk pemesanan bisa menghubungi Yefri Chan, ST. MT. No Hp: 081310607628, atau Via WhatsApp. Alamat Workshop:  Jl. Jati Kramat Baru, No. 101B, RT 04/05, Kel. Jati Kramat Baru. No 101B, Jati Asih, Kota Bekasi.

 

3 thoughts on “PEMANAS/ TUNGKU LISTRIK

  1. salam.. kenal..
    thanks 4 mechanical blog yang memuat jurnal sains dan teknologi, sebagai pengayaan iptek bagi kita semua…
    Saya harap makin banyak tulisan mengenai EBT pada jurnal ini..

  2. salam kenal,
    media yang bagus utk menambah wawasan teknologi, tingkatkan terus keberadaan jurnal ini. Sangat bermanfaat dan mencerahkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s