Jenis- Jenis Tungku Biomassa

Tungku biomassa adalah tungku yang memanfaatkan panas/kalor dari pembakaran biomassa (kayu, daun yg sdh kering, sabuk kelapa, dlln).

Ada dua jenis tungku biomassa :

  1. Tungku Biomassa pembakaran langsung
  2. Tungku Biomassa pembakaran tidak langsung
  • Tungku Biomassa Pembakaran Langsung adalah panas yang dihasilkan dari pembakaran biomassa langsung ditransfer kedalam ruang pengering dengan cara langsung atau dipaksa dengan menggunakan blower, jadi yang masuk kedalam ruang pengering atau oven berupa asap dan panas dari api, cara ini biasanya digunakan untuk pembuatan kopra hitam, pengeringan produk bukan makanan dlln.
  • Tungku Biomassa Pembakaran Tidak Langsung adalah panas yang dihasilkan dari pembakaran biomassa hanya berupa udara panas saja, sedangkan asapnya dibuang keudara, cara ini biasa digunakan untuk pembuatan kopra putih, pengeringan ikan, pengeringan kopi, pengeringan kakao dll.
Tungku Biomassa Indirect

Workshop kami memproduksi tungku biomassa untuk digunakan pada oven/pengering produk pertanian dan hasil laut.

laskarteknik

Saya Yefri Chan, Dosen Teknik Mesin di Unversitas Darma Persada Pondok Kelapa. Mempunyai Workshop. Keahlian dalam Pembuatan Mesin Pengering, Oven Listrik, Tungku Biomassa. Semoga Blog ini Bermanfaat. Salam Solidarity Forever.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *