Pengertian Elastisitas Energi dan Intensitas Energi


Elastisitas EnergiElastisitas Energi adalah perbandingan antara laju pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan konsumsi energi disebuah negara. Semakin kecil angka elastisitas energi, maka semakin efisien penggunaan energi disuatu negara. Angka elastisitas energi dibawah 1,0 dicapai apabila energi yang tersedia telah dimanfaatkan secara optimal.

Intensitas Energi
Parameter lain untuk menilai efisiensi energi di sebuah negara adalah intensitas energi  yaitu jumlah konsumsi energi per  Produksi Domestik Bruto (PDB). Semakin rendah angka intensitas energi, semakin efisien penggunaan energi disebuah negara.

Angka elastisitas energi (2,6) dan intensitas energi (565 TOE (ton-oil-equivalent)) yang relatif tinggi ini menunjukkan bahwa pemakain energi di indonesia masih boros. Ini juga mengindikasikan rendahnya daya saing industri karena terjadi inefisiensi energi yang berdampak pada tingginya biaya produksi. atau kata lain masih banyak energi di indonesia yang digunakan untuk kegiatan yang kurang produktif. (sumber : majalah energi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s