RADIASI TERMAL


Jika suatu benda ditempatkan dalam pengurung, dan suhu pengurung lebih rendah dari pada suhu benda, maka suhu benda tersebut akan turun, sekalipun ruang dalam pengurung tersebut hampa. Proses pemindahan panas yang terjadi hanya semata karena benda suhu dan tanpa bantuan zat perantara (medium), disebut perpindahan   panas radiasi

Ditinjau dari gelombang elektromagnetik, energi radiasi dibawa  oleh gelombang elektomagnetik .Ada banyak jenis radiasi,   yaitu dari radiasi sinar gama ,sinar x, radiasi termal hingga radiasi gelombang radio (dari spektrum panjang gelombang pendek sampai yang berpanjang gelombang panjang).

Sedang radiasi termal, energi pancarannya adalah ditentukan berdasar dari suhu benda tersebut.

Daerah spektrum panjang gelombang radiasi termal adalah dari 0 , 1  sampai dengan 100 mikron

Radiasi matahari juga merupakan radiasi termal dengan daerah panjang gelombang khusus yaitu 0, 25 sampai dengan 3 mikron.

Radiasi Benda Hitam

Benda hitam adalah idealisasi benda yang pada suhu berapapun, memancarkan atau menyerap seluruh radiasi pada panjang gelombang tertentu manapun (disebut Radiator sempurna).

Daya pancar benda hitam tergantung dari suhu dan panjang gelombangnya.

One thought on “RADIASI TERMAL

  1. It’s perfect time to make a few plans for the future and it’s time to be happy. I have learn this post and if I may just I want to counsel you few attention-grabbing issues or tips. Maybe you can write next articles regarding this article. I desire to read more things approximately it!|

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s