NO NUKLIR, GUNAKAN ENERGI TERBARUKAN


Pemerintah Jerman telah mengumumkan penutupan seluruh pembangkit nuklirnya pada tahun 2022. Dengan keputusan ini, Jerman akan menjadi pelopor global era sumber energi terbarukan.
Kami yakin kami sebagai negara bisa menjadi pelopor untuk era baru sumber energi terbarukan,” ujar Kanselir Jerman Angela Merkel kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (31/5/2011).
Dikatakan Merkel, perubahan mendasar kebijakan energi negeri itu akan membuka peluang-peluang baru untuk bisnis juga perlindungan iklim.
“Kami bisa menjadi negara industri besar pertama yang mencapai transisi ke energi terbarukan dengan semua peluang — untuk ekspor, pembangunan, teknologi, lapangan kerja — di dalamnya,” tutur Merkel.
Usai pembahasan yang berlangsung maraton pada Senin, 30 Mei dini hari waktu setempat, pemerintahan koalisi Jerman memutuskan untuk menutup keseluruhan 17 reaktor nuklirnya secara bertahap. Penutupan itu akan selesai pada tahun 2022 mendatang.
“Kami ingin listrik di masa depan akan lebih aman dan juga terjangkau dan terpercaya,” kata Merkel.
Keputusan ini dipicu oleh keadaan darurat nuklir yang terjadi di PLTN Fukushima, Jepang sejak Maret lalu. Hingga kini, krisis nuklir di Fukushima tersebut masih terus berlangsung.

Bagaimana Indonesia dengan sumber kekayaan energi yang berlimpah mulai dari laut, panas bumi, matahari, air dlln, masih saja memikirkan untuk membuka pembangkit listrik tenaga nuklir, seharusnya para pemimpin bangsa ini lebih bijak dalam mengambil keputusan, Bumi ini bukan untuk kita tapi buat anak, cucu dan generasi penerus bangsa yang akan datang. GO GREEN

 Sumber : detik.com and me

3 thoughts on “NO NUKLIR, GUNAKAN ENERGI TERBARUKAN

  1. Sumber energi dunia semakin menipis, semua negara berlomba-lomba mencari sumber energi baru terutama yang dapat diperbaharui. Pandangan sementara untuk masa yang akan datang adalah banyak yang melirik FUEL CELL sebagai salah satu sumber energi terbarukan yang dimungkinkan banyak diharapkan.

  2. Pencarian sumber energi terbarukan terus dikembangkan secara simultan. Sampai pada saat ini dunia masih menitik beratkan pada FUEL CELL sebagai harapan sumber energi terbarukan, mengingat begitu besarnya resiko penggunaan tenaga nuklir.

  3. Menurut saya pribadi energi terbarukan yang sesuai dengan potensi yang ada di alam indonesia adalah tenaga panas bumi, energi tersebut masih belum dimaksimalkan dalam pengelolaanya sebagai pembangkit listrik. semoga kedepannya SDM2 lokal mampu untuk mengelolanya dan katakan tidak untuk pembangkit tenaga nuklir😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s