Pengertian Solar Still (Destilasi Surya)


Solar still singkatan dari solar destillation adalah  cara untuk mendapatkan/memproduksi air bersih dengan bantuan cahaya matahari.

Biasanya destillasi surya ini digunakan untuk memproduksi air bersih dari air laut sehingga dapat digunakan untuk keperluan minum/memasak dan juga dapat digunakan untuk memproduksi air bersih dari air payau dlln.

Destilasi surya ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat yang berada didaerah pesisir yang kekurangan sumber air bersih. Berikut contoh bentuk/konstruksi dari solar still yang pernah dibuat :

(Sumber gambar dari youtube)

Prinsip Kerja Dari Solar Still

Radiasi surya menembus kaca penutup dan mengenai permukaan dari plat penyerap, maka plat penyerap akan panas, dan energi panas dari plat penyerap akan memanasi air laut yang ada didalam kolam (basin). Air akan menguap dan berkumpul dibawah permukaan kaca penutup. Oleh karena temperatur udara di dalam basin lebih tinggi dari pada temperatur lingkungan, maka terjadi kondensasi yaitu uap berubah menjadi cair dan melekat pada kaca penutup bagian dalam. Cairan (air bersih) akan mengalir mengikuti kemiringan kaca penutup dan masuk kedalam kanal, terus mengalir ke tempat penampungan air bersih. Sedangkan garam akan tinggal diatas plat penyerap karena adanya perbedaan massa jenis.

(Sumber  :  Nova R. Ismail,  Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Widyagama Malang , Mulyanef, Marsal, Rizky Arman dan K. Sopian, Univ. Bung Hatta dlln)

One thought on “Pengertian Solar Still (Destilasi Surya)

  1. Saya ucapkan salut untuk teknologi ini,Sederhana dan bisa untuk daerah yang kesulitan air bersih..semoga bisa dipraktekan di masyarakat yang membutuhkannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s