PANDUAN PENULISAN JURNAL


PANDUAN PENULISAN JURNAL SAINS DAN TEKNOLOGI

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DARMA PERSADA

1. UMUM

Naskah asli dikirim ke Sekretaris Jurnal Sain dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada dalam bentuk siap cetak dan dikirim bersama soft copy (CD/USB) dengan melampirkan pernyataan bahwa naskah  tersebut belum diterbitkan dan tidak sedang menunggu untuk diterbitkan di media manapun. Penulis juga harus melampirkan biografi ringkas (nama,tanggal lahir, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, bidang penelitian yang ditekuni). Naskah yang tidak memenuhi criteria dan tidak dimuat akan dikonfirmasikan kembali kepada penulisnya.

2. PENULIS NASKAH

Tata Letak

Naskah dicetak dengan tinta hitam pada kertas A4, tidak bolak balik. Setiap halaman diberi nomor, minimum 6 (enam) halaman dan maksimum 10 (sepuluh) halaman. Untuk keseragaman format, naskah hendaknya mempunyai marjin sebagai berikut :

a.       Marjin atas 4 cm

b.      Marjin kiri dan kanan berturut-turut 3,5 dan 2,5 cm

c.       Marjin bawah 3 cm harus bebas dari tulisan, kecuali nomor halaman. Bagian terbawah  catatan   kaki (kalau ada) harus diatas marjin bawah.

d.      Badan naskah ditulis dalam satu kolom .

Huruf dan Spasi

Isi naskah ditulis dalam huruf Arial dengan ukuran 11 point dengan jarak antar baris satu spasi. Kecuali judul makalah, nama penulis, dan abstrak.

Abstrak

Abstrak ditulis satu spasi, dengan huruf arial 11 point italic (miring), tidak lebih dari 150 kata, diikuti dengan beberapa kata-kata kunci (keywords).

Judul

Judul utama karya tulis dicetak dengan huruf  besar arial 14 point tebal, diletakkan dipinggir kiri.

Judul bagian dicetak tebal dengan huruf besar Arial 11 point tebal.

Judul sub-bagian dicetak tebal dengan huruf arial 11 point biasa.

Bahasa

Bahasa yang digunakan sesuai dengan bahasa Indonesian yang baik dan benar. Penggunaan istilah asing dicetak miring sebaiknya disertakan dengan benar. Penggunaan istilah asing dicetak miring sebaiknya disertakan dengan penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Dimensi, Satuan dan Persamaan Matematik

Penggunaan singkatan dan tanda-tanda  diusahakan untuk mengikuti aturan nasional atau internasional. Satuan yang digunakan hendaknya mengikuti sistem Satuan Internasional (SI). Persamaan atau hubungan matematik harus dicetak dan diberi nomor seperti :

F = m.a                  (1)

Dalam teks, persamaan 1 dinyatakan sebagai “pers. (1) atau “Persamaan (1)”

Gambar dan Tabel

Gambar diberi nomor dan keterangan dibawahnya, sedangkan tabel diberi nomor dan keterangan diatasnya. Keduanya sedapat mungkin disatukan dengan file naskah. Bila gambar atau tabel dikirimkan secara terpisah, harap dicantumkan dalam lembar tersendiri dengan kualitas cetakan yang baik.

Daftar Pustaka

Kepustakaan dicantumkan dengan urutan abjad nama pengarang dan diberi nomor.

One thought on “PANDUAN PENULISAN JURNAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s