Proses Pembuatan Tembaga


Tembaga diperoleh dari bijih tembaga yang disebut Chalcopirit. Besi yang ada larut dalam terak dan tembaga yang tersisa / matte dituangkan kedalam konverter. Udara dihembuskan kedalamnya selama 4 atau 5 jam, kotoran teroksidasi, dan besi membentuk terak yang dibuang pada waktu tertentu. Bila udara dihentikan, oksida kupro bereaksi dengan sulfida kupro maka akan membentuk Tembaga blister dan Dioksida belerang.Tembaga blister ini dilebur dan dicor menjadi slab, kemudian diolah secara elektrolitik menjadi tembaga murni.

Bagan proses pembuatan tembaga

(sumber, Teknologi mekanik jilid I, B.H. Amstead)

12 thoughts on “Proses Pembuatan Tembaga

  1. Tak ada penjelasan yg rinci tntang Copper Extraction ini. Tidak semudah artikel di atas. Untk bhan Ore saja jenisnya ada ratusan yg tntunya perlakuannya berbeda (sulfides, carbonates, oxydes). Belum proses Grinding, Roasting, Smelting dan Electrodeposition dan Furnace. Jd artikel2 yg tdak lengkap ini tdaklah memberikan pendidikan dan pembelajaran yg tuntas pd generasi muda bangsa ini. Tdak semudah penjelasan dlm artikel di atas. Salam.

    • Salam kenal pa iwan. : Tim sy sudah menciptakan mesin pencetak tembaga 90% dengan satu kali proses (PCP) dan bisa untuk home industri ada sertifikat dari KS (krakatau steel) klo berminat hubungi sy di 0817754595
      Trim….

  2. Pingback: Proses Pengolahan Bijih Tembaga (Cu) – Info Mineral Indonesia

  3. Malam pak, saat ini kami sedang melakukan negosiasi dengan lahan tambang tembaga yang ada di Padang. Kami ingin melakukan proses dari batu tembaga menjadi konsentrat 21%. Raw material yang ada di lahan adalah sekitar 5%. Target produksi kami adalah 5000 MT konsentrat Cu 21%. Apakah bapak punya keterangan yang bisa membantu kami seperti kapasitas produksi mesin bapak per hari berapa ton?
    Target kami adalah sehari bisa produksi konsentrat 21% minimal 200 ton. Terima kasih

    • Proses pembuatan batu tembaga menjadi tembaga itu mudah, aku dapat membantunya mas bbwilisdeswilis, dalam beberapa hari saja anda sudah dapat mengolahnya sendiri. hub. saya di No. 0857 1196 2249, insya Allah saya akan membantunya.

  4. Untuk proses pengolahan cu / tembaga dengan memakai mesin tidak semudah penjelasan di atas apa lagi harga mesin yg begitu mahal , maka saya ada solusi yang ingin mengololah tembaga dari batu menjjadi konsentrat cu dan setelah di lebur menjadi ingot cu atau tembaga batangan
    Info call : 082191393969
    Saya mengololah tembaga sudah 5 tahun semua memakai alat yang sangat manual bangat dan kapasitas pengolahan bisa 1 – 5 ton perhari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s