Magnesium Sebagai Sumber Energi.


Magnesium adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Mg dan nomor atom 12 serta berat atom 24,31. Magnesium adalah elemen terbanyak kedelapan yang membentuk 2% berat kulit bumi, serta merupakan unsur terlarut ketiga terbanyak pada air laut. Logam alkali tanah ini terutama digunakan sebagai zat campuran (alloy) untuk membuat campuran alumunium-magnesium yang sering disebut “magnalium” atau “magnelium”.

Magnesium memiliki potensi besar sebagai sumber energi karena memiliki kepadatan penyimpanan energi sekitar 10 kali lebih tinggi dari hidrogen, kata Yabe. Hal ini juga sangat berlimpah, dengan sekitar 1,3 gram ditemukan di setiap liter air laut, atau sekitar 1.800 triliun ton metrik di lautan kita, katanya.
Selain itu, magnesium oksida yang dihasilkan dari reaksi dapat diubah kembali ke magnesium, kata Yabe. Menangkap? Daur ulang magnesium oksida kembali ke magnesium membutuhkan suhu 4.000 kelvin (3726 º C) – maka perlu untuk laser menghasilkan suhu tersebut pada tempat yang kecil.

Magnesium Sebagai Sumber Energi. Solar-powered laser: Dua Fresnel fokus lensa sinar matahari pada kristal keramik untuk menghasilkan sinar laser. Harapannya adalah dengan menggunakan laser yang kuat seperti untuk menghasilkan panas dan hidrogen dari magnesium dan air. By : Tokyo Institute of Technology

Tapi untuk mesin pembakaran magnesium berfungsi sebagai sumber energi praktis, laser perlu didukung oleh sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya.
MAGIC” (Magnesium Injection Siklus) mesin dibangun pada tahun 2006 oleh Jepang Mitsubishi Corp menggunakan ide-ide Profesor Yabe, dan mesin ini bisa diperkenalkan untuk penggunaan komersial di pembangkit listrik, kapal, bahkan mobil sebelum akhir dekade ini !

Sumber :

wikipedia.co.id

http://technologyreview.com/

http://inventorspot.com/

One thought on “Magnesium Sebagai Sumber Energi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s