Klasifikasi Pengering Surya


Metode pengeringan secara umum terbagi atas dua, yaitu pengeringan sinar matahari (direct sun drying), dimana produk yang akan dikeringkan langsung dijemur di bawah sinar matahari . Dan metode pengeringan surya (solar drying), dimana produk yang akan dikeringkan diletakkan di dalam suatu alat pengering .

Pengering surya dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu pengering aktif dan pasif. Pada pengering pasif, aliran udara pengering terjadi karena adanya perbedaan tekanan akibat dari udara yang dipanaskaan (konveksi bebas), sedangkan pada pengering aktif diperlukan alat tambahan seperti fan atau blower untuk mengalirkan udara pengering ke produk yang dikeringkan (konveksi paksa).

Pengering surya aktif dan pasif ini dibagi lagi atas tiga jenis, yaitu pengering surya langsung (direct solar drying) dimana produk dimasukkan ke dalam alat pengering yang transparan sehingga sinar matahari langsung mengenai produk yang berada di dalam alat pengering. Jenis pengering surya yang kedua adalah pengering surya tidak langsung (indirect solar drying) yang menggunakan kolektor matahari untuk meningkatkan temperatur udara pengering. Dan jenis yang ketiga adalah pengering  surya gabungan (direct-indirect/mixed solar drying) yang merupakan kombinasi dari pengering surya langsung dan tidak langsung . Klasifikasi pengering surya secara umum dapat dilihat pada Gambar 1.

(Sumber Endri Yeni, 2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s