Profil Ruang Pendidikan INS Kayutanam


Institut Nasional Syafei (INS) adalah salah satu sekolah bersejarah di Indonesia yang berada di Sumatera Barat, didirikan pada tanggal 31 Oktober 1926 oleh Engku Muhammad Sjafei.

Engku Muhammad Sjafei dengan ruang pendidikan INS Kayutanamnya, meletakkan dasar pendidikan yang berorentasi  pada kecakapan hidup (life skill) dimana otak, raga & kalbu merupakan  3 bagian Anugerah Tuhan dalam tubuh manusia. Menurut pemikiran beliau ” Jika ketiga unsur ini bersinergi akan menghasilkan manusia yang utuh dalam menapaki hidup

Dalam mencapai Idiologinya, INS kayutanam mempunyai 4 (empat) program pendidikan yaitu Pendidikan Akademis (Kurikulum Nasional), Pendidikan Kreatifitas, Pendidikan Akhlak Mulia dan Pendidikan Ekstrakurikuler. Sepeninggal beliau, perguruan dihibahkan kepada masyarakat Indonesia sampai saat ini. Kepedulian masyarakat dan perhatian dari dinas pendidikan dan pemerintah Sumatera Barat menjadikan INS Kayutanam tetap eksis dengan mempertahankan ideologi pendidikannya.

Tanpa disadari, ternyata Ideologi pendidikan Engku Muhammad Syafei bertepatan dengan program pendidikan nasional sekarang, yaitu pendidikan berbasis kompetensi. Kebanggaan lain dari pendidikan INS Kayutanam ini adalah merupakan salah satu Institusi Pendidikan yang mengajarkan landasan demokrasi kepada peserta didiknya. (yefri chan alumni angkatan 96)

One thought on “Profil Ruang Pendidikan INS Kayutanam

  1. Salam kenal mas Yefri, sekalian ini kunjungan balik saya, maaf baru sempat balas sekarang, Oh iya link blog ini sudah terpasang di blog saya di Bagian Link kelompok (Y) mohon di cek kembali ..
    Sukses untuk mas Yefri semoga blognya bertambah maju ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s