Cara Menentukan Head Total Pompa


Pada uraian tentang persamaan Bernoulli yang dimodifikasi untuk aplikasi pada instalasi pompa, terlihat bahwa persamaan Bernoulli dalam bentuk energi “head” terdiri dari empat bagian “head” yaitu head elevasi, head kecepatan, head tekanan, dan head kerugian (gesekan aliran). Persamaan Bernoulli dalam bentuk energi head :

a. Head statis total

Head statis adalah penjumlahan dari head elevasi dengan head tekanan. Head statis terdiri dari head statis sisi masuk (head statis hisap) dan sisi ke luar (head statis hisap). Persamaanya adalah sebagai berikut :

b. Head Kerugian (Loss)

Head kerugian yaitu head untuk mengatasi kerugian kerugian yang terdiri dari kerugian gesek aliran di dalam perpipaan, dan head kerugian di dalam belokan-belokan (elbow), percabangan, dan perkatupan (valve)

Hloss = Hgesekan + Hsambungan

c. Head kerugian gesek di dalam pipa [Hgesekan ]

Aliran fluida cair yang mengalir di dalam pipa adalah fluida viskos sehingga faktor gesekan fluida dengan dinding pipa tidak dapat diabaikan, untuk menghitung kerugian gesek dapat menggunakan perumusan sebagai berikut :

dengan :

v = kecapatan rata-rata aliran di dalam pipa (m/s)

C,p,q = Koefesien – koefesien

λ = Koefesien kerugian gesek

g = Percepatan gravitasi (m/s2)

L = Panjang pipa (m)

D = Diameter dalam pipa (m)

Perhitungan kerugian gesek di dalam pipa dipengarui oleh pola aliran, untuk aliran laminar dan turbulen akan menghasilkan nilai koefesian yang berbeda, hal ini karena karakteristik dari aliran tersebut. Adapun perumusan yang dipakai adalah sebagai berikut :

d. Kerugian head dalam jalur pipa [Hsambungan]

Kerugian head jenis ini terjadi karena aliran fluida mengalami gangguan aliran sehingga mengurangi energi alirnya, secara umum rumus kerugian head ini adalah :

Hf = f.v2/2g      dengan f = koefesien gesekan

B. Pada perkatupan sepanjang jalur pipa

Pemasangan katup pada instalasi pompa adalah untuk pengontrolan kapasitas, tetapi dengan pemasangan katup tersebut akan mengakibatkan kerugian energi aliran karena aliran dicekik. Perumusan untuk menghitung kerugian head karena pemasangan katup adalah sebagai berikut :

f. Head total

Head total pompa yang dibutuhkan untuk mengalirkan air dengan kapasitas yang telah ditentukan dapat ditentukan dari kondisi insatalsi pompa yang akan dilayani. Pada gambar diatas head total pompa dapat dirumuskan sebagai berikut :

24 thoughts on “Cara Menentukan Head Total Pompa

  1. saran: kang admin pada gambar rumus2 kurang jelas dibacanya….ini kesalahan mata saya atau revolusi gambarnya yg kecil?
    tolong diperjelas ya kang.

    trima kasih.

  2. salam kenal bro, saya mau tanya…
    kalo satuan utk head apa?
    soalnya saya pernah baca juga, ada satuan head yang pake Pa.

  3. gmn cara hitung tinggi daya sembur air (meter) langsung dari pompa di lepas vertikal tanpa pipa….dan bgmn cara menambah ketinggian semburan air tsb sesuai dengan kebutuhan pengguna…..?

  4. Ping balik: Cara Menentukan Head Total Pompa | Libratama Group | Libratama.com

  5. Ping balik: Laporan Skripsi Universitas Darma Persada (UNSADA) – Download Tugas Akhir

  6. Kang admin, mau tanya, bagaimana cara menghitung head pompa pada sirkulasi tertutup ? Kasusnya, air dialirkan dari pompa ke AHU, kita misalkan head I. Lalu air akan balik kembali ke pompa, dstnya. Artinya air bergerak pulang pergi pada sirkuit tertutup. Apakah total head = head I dikali 2 saja atau atau faktor persentase lain nya, seperti cukup hanya di kali sekian persen saja.
    Terima Kasih.

  7. Bang Admin apa bisa berikan contoh langsung dengan ukuran tentang menetukan Head pompa misal: Tengki 1500 Galon dasar tengki dan pompa sama jarak pompa dengan tengki 2 meter cairan yg di pompa ke ketinggian 12 meter berapa total heatnya Bang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s