Membran Pemisah Air Dari Polutan Minyak


contoh membran filter

Tercemarnya Teluk Meksiko akibat bocornya anjungan minyak lepas pantai milik British Petroleum bukan menjadi latar belakang inovasi teknologi yang dilakukan ilmuwan-ilmuwan dari Purdue University. Tetapi hasil temuan teknologi tersebut bisa menjadi salah satu metode untuk membersihkan air laut di Teluk Meksiko dari polutan minyak.
Jeffrey Youngblood, asisten profesor di Purdue University mengembangkan sebuah membran yang bisa memisahkan minyak dari air. Membran yang dikembangkan Purdue University mempunyai masa pakai yang lebih lama dalam memisahkan minyak dari air dibandingkan dengan filter-filter konvensional lainnya. Teknologi baru tersebut kini didapatkan oleh industri ataupun untuk aplikasi-aplikasi lainnya melalui lisensi dari Office of Technology Commercialization, sebuah lembaga di bawah Purdue Research Foundation yang bertugas mempromosikan dan mengkomersialkan hasil-hasil riset universitas tersebut.
Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan menggunakan campuran minyak dan air dengan konsentrasi yang menyerupai tumpahan minyak di perairan, membran tersebut dapat menyerap air dan melewatkan minyak. Separasi sebesar 98% bisa dicapai dengan menggunakan membran tersebut. (ristek)

One thought on “Membran Pemisah Air Dari Polutan Minyak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s