Desain Rumah Ramah Lingkungan 2010 (Solar Decathlon 2010)


Tongji House yang merupakan hasil kreasi mahasiswa di Tongji University di Cina

Solar Decathlon yang setiap tahun diselenggarakan dan diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di dunia dengan produk-produk rumah ramah lingkungan yang mengandalkan energi surya sebagai sumber energi utamanya semakin inovatif. Sebut saja beberapa contoh di antaranya Tongji House, Armadillo Box,  Luuku House yang menerapkan teknologi dan desain arsitektur luar biasa.

Tongji House

Tongji House yang merupakan hasil kreasi mahasiswa di Tongji University di Cina mengandalkan sepenuhnya pada sinar matahari sebagai sumber daya listriknya. Sebanyak 317 panel surya terpasang di atap dan dinding untuk menghasilkan 10.972 kWh dan disimpan dalam sekumpulan baterai yang bisa digunakan selama sepuluh hari penuh.

Bambu yang menjadi simbol negara Cina, menjadi bahan utama dalam membuat Tongji House yang pasti menjadikannya ramah lingkungan. Meski terbuat dari bambu, rumah tersebut mempunyai sistem penyekat yang baik sehingga pemakaian energinya sangat efisien.

Luuku

Dalam Solar Decathlon tahun ini, selain bambu sebagai bahan utama pembuat Tongji House, tim mahasiswa Finlandia yang merupakan kerjasama dari School of Science and Technology, the School of Art and Design and the School of Economics di Aalto University, membuat Luuku dari kayu. Kayu memang merupakan sumber daya yang berlimpah di Finlandia.

Sebagian besar bagian Luuku mulai dari struktur, insulasi, lantai, dinding dan atap sepenuhnya menggunakan kayu. Meskipun terbuat dari kayu, insulasi bangunan yang dibuat dengan desain khususs menjadikannya sangat efisien.

Sistem panel surya yang digabung dengan pemanas air surya serta sistem lainnya memberikan keuntungan tersendiri bagi tim Finlandia di tengah sinar matahari Madrid Spanyol.  Mereka juga berusaha untuk menghasilkan surplus energi dari sistemnya agar mendapatkan poin tersendiri dalam kompetisi itu.

Armadillo Box

Rumah yang dibuat oleh mahasiswa-mahasiswa École Nationale Supérieure d’Architecture de Grenoble (ENSAG), Perancis juga menjadi salah satu yang menarik dalam kompetisi Solar Decathlon kali ini, yang terinspirasi dari kemampuan sejenis binatang yang memiliki pelindung tubuh yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang panas.

Armadillo binatang yang menjadi inspirasi rumah tim Perancis adalah binatang yang mampu hidup dalam iklim panas. Metabolismenya yang lambat hanya menghasilkan sedikit panas serta adanya sistem pendinginan internal. Lapisan kulit dan cangkang yang ada pada binatang tersebut diterapkan pada rumah hasil desain tim Perancis.(planethijau)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s