BIOETHANOL BONGGOL PISANG


Bonggol pisang

Latar Belakang

  • Menipisnya cadangan bahan bakar fosil dan meningkatnya populasi manusia sangat kontradiktif dengan kebutuhan energi bagi kelangsungan hidup manusia beserta aktivitas ekonomi dan sosialnya.
  • Sejak lima tahun terakhir, Indonesia mengalami penurunan produksi minyak nasional akibat menurunnya cadangan minyak pada sumur-sumur produksi secara alamiah, padahal dengan pertambahan jumlah penduduk, meningkat pula kebutuhan akan sarana transportasi dan aktivitas industri.

Tanaman Pisang

  • Pisang (Musa paradisiacal) adalah tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan di Asia Tenggara
  • Tanaman ini kemudian menyebar ke Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Pisang di Jawa Barat disebut dengan cau, di Jawa Tengah dan Jawa Timur dinamakan gedang.
  • Hampir di setiap tempat dapat dengan mudah ditemukan tanaman pisang. Pusat produksi pisang di Jawa Barat adalah Cianjur, Sukabumi dan daerah sekitar Cirebon.
  • Pisang umumnya dapat tumbuh di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 2000 m dpl. Pisang dapat tumbuh pada iklim tropis basah, lembab dan panas dengan curah hujan optimal adalah 1.520–3.800 mm/tahun dengan 2 bulan kering (Rismunandar, 1990).

Taksonomi tanaman pisang adalah sebagai berikut (Rismunandar, 1990).

–          Kingdom : Plantae

–          Devisi : Spermatophyta

–          Sub. divisi : Angiospermae

–          Kelas : Monocotylae

–          Bangsa : Musales

–          Suku : Musaceae

–          Marga : Musa

–          Jenis : Musa paradisiaca

Bonggol Pisang

Dapat dimanfaatkan untuk diambil patinya, pati ini menyerupai pati tepung sagu dan tepung tapioka. Bonggol pisang memiliki komposisi yang terdiri dari 76% pati, 20% air. (Yuanita dkk, 2008).

Potensi kandungan pati bonggol pisang yang besar dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan bakar yaitu, bioetanol. Bahan berpati yang digunakan sebagai bahan baku bioetanol disarankan memiliki sifat yaitu berkadar pati tinggi, memiliki potensi hasil yang tinggi, fleksibel dalam usaha tani dan umur panen (Prihandana, 2007).

Bahan lengkap mengenai bioetanol dari bonggol pisang dapat download disini :PROSES PRODUKSI BIOETHANOL BONGGOL PISANG

One thought on “BIOETHANOL BONGGOL PISANG

  1. Howdy! This article couldn’t be written any better! Looking at this article reminds me of my previous roommate! He always kept preaching about this. I’ll send this information to him. Pretty sure he’s going to have a very good read. Thanks for sharing!|

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s