Layar Fleksibel Tenaga Surya untuk Tempur


Panel surya bikinan Hewlett Packard (HP)

Sebagian besar konsumen menyukai gadget dengan cara terus mendapatkan produk yang tipis dan ringan. Tapi tentara-tentara yang menggunakan gadget di tengah-tengah medan pertempuran menuntut yang lebih untuk menyesuaikan dengan situasi yang ekstrim.

Itu sebabnya Hewlett-Packard mengatakan sedang mengerjakan prototipe dari layar komputer bertenaga surya yang ringan dan dapat dipasang di sekitar pergelangan tangan seorang prajurit.

Dengan layar fleksibel, tebal hanya sekitar 200 mikron (1 mikron= seperseribu milimeter) dapat menampilkan data seperti peta atau arah. Komputer ini akan dilengkapi dengan sel surya.

“Para prajurit di infanteri membawa baterai dan gadget dalam jumlah besar yang dapat berat sampai 70 pound,” kata Carl Taussig, Direktur HP Bidang Informasi Laboratorium yang bekerja pada proyek ini. “Kita bisa membuatnya untuk mereka agar lebih mudah.”

Taussig mengatakan prototipe pertama akan ditawarkan kepada pihak militer awal tahun depan. “Akan menampilkan teknologi layar menggunakan tinta. Tapi akan diproduksi menggunakan proses roll to roll, mirip dengan cara tinta yang dicetak di atas kertas,” jelasnya.

Menampilkan layar yang fleksibel, seperti kertas -hampir seluruhnya terbuat dari plastik. Pihak Angkatan Darat telah mendanai penelitian di Arizona State University untuk tampilan yang fleksibel pada layar sehingga dapat digulung dan dimasukkan ke dalam ransel tentara.

Fleksibilitas bukan hanya keuntungan bagi pengguna. Teknologi ini juga memiliki potensi untuk menyederhanakan proses pembuatan layar.

HP, dan perusahaan lain, seperti Ntera, berusaha untuk menciptakan proses manufaktur yang memungkinkan pembuatan film transistor tipis dan halus pada bahan fleksibel seperti plastik.

Idenya adalah membuat layar yang dapat diproduksi terus menerus, seperti surat kabar yang diterbitkan oleh percetakan, bukannya produksi bertumpuk seperti pembuatan layar secara tradisional, yang lebih mirip seperti memotong kue.

Pembuatan melalui teknologi roll-to-roll akan menghasilkan layar yang tidak hanya bisa menekuk, tetapi juga biaya yang relatif lebih murah untuk diproduksi.

Sel tenaga surya yang diintegrasikan ke dalam sepotong kain akan terhubung ke pergelangan tangan secara fleksibel.(tempo)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s