Secangkir Kopi Untuk Semangat Kerja


Sudah menjadi suatu rutinitas sehari-hari, jika memulai aktifitas sebagian orang akan meminum kopi sebagai ‘obat’ penyemangat dan menahan kantuk saat bekerja. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kopi memang menjadi sarana yang ampuh untuk memulai pekerjaan, pasalnya kafein yang terdapat di dalam secangkir kopi ternyata berpotensi mengurangi tingkat kesalahan seseorang dalam melakukan pekerjaan, khususnya yang sifatnya shift.

Apalagi dalam penelitian London School of Tropical Medicine menunjukkan rutinitas jam kerja mulai dari jam sembilan pagi hingga lima sore berpotensi besar membuat kekacauan dalam tubuh, seperti kurang semangat atau rasa kantuk yang tinggi. Demikian yang dilansir melalui Daily Mail, Jumat (14/5/2010).

Beberapa pekerjaan yang dapat merusak kekacauan tersebut, misalnya dokter, supir dan petugas keamanan. Akibatnya, mereka bisa sangat mengantuk ketika sedang bekerja. Penelitian itu juga menyebutkan, kafein yang terdapat di dalam kopi, minuman isotonik atau makanan yang mengandung kafein dapat menggerakkan syaraf-syaraf yang diam, karena sebelumnya tidak dipakai bekerja.

“Dengan kopi atau minuman yang mengandung kafein, cukup untuk membuat orang berkosentrasi karena kafein tersebut dapat membangunkan syaraf yang tidur,” terang Dr Katherine Ker, salah satu dari tim peneliti.

Penelitian ini sendiri mengundang koresponden yang berusia antara 20 hingga 30 tahun. Saat ini para peneliti telah melakukan penelitian lebih jauh mengenai dampak kafein bagi seseorang yang berusia lebih tua atau di atas 30 tahun. (okezone)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s