Solar Panel Mampu Hasilkan 7.500 MW


Perusahaan elektronik Jepang, Mitsubishi berencana untuk menggeber produksi energi matahari-nya dalam waktu dua tahun ke depan untuk memenuhi kebutuhan energi terbarukan yang saat ini sedang menjadi tren.

“Kapasitas produksi diharapkan akan mencapai 600 megawatt pada akhir bulan Maret 2012. Saat ini, Mitsubishi hanya mampu memproduksi energi listrik dari tenaga matahari sekira 220 megawatt,” ujar pihak Mitsubishi Electric, seperti dilansir melalui Business Week.
Mitsubishi Electric bergabung Sharp Corp dan First Solar Inc., sebuah perusahaan pembuat modul solar film tertipis di dunia, untuk menyediakan energi matahari sebagai alternatif pembangkit listrik.

Langkah Mitsubishi ini juga dilakukan berkat dukungan pemerintah Jepang yang menyediakan subsidi bagi perusahaan maupun rumah tinggal yang tidak lagi menggunakan minyak bumi. Seperti diketahui, energi minyak bumi mampu menimbulkan emisi gas rumah kaca yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan.

Menurut data iSuppli, secara global, pendapatan melalui produksi sel solar diprediksi meningkat hingga USD90 miliar pada tahun 2013 dari USD20 miliar di tahun 2009.

Untuk bisnis solar panel di Mitsubishi sendiri penjualannya diperkirakan telah menghasilkan sekira USD607 juta.

“Sedangkan pasar modul solar di dunia diperkirakan akan meningkat menjadi 7.500 megawatt pada tahun ini, dibandingkan 5.500 megawatt di tahun 2009 lalu,” ujar CEO First Solar Robert Gillette.(ristek)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s