Tutorial Sketchup 7 (5)


ni Tulisan yang ke-5 tentang tutorial sketchup mudah-mudahan sudah bisa menggunakan tool yang terdapat pada sketchup. Pada tulisan kali ini saya tetap akan menulis fungsi dari tool yang terdapat pada sketchup 7.

Tool Paint Bucket fungsi dari tool ini adalah untuk memberi material pada objek yang dibuat terdapat 18 jenis material yang disediakan, cara penggunaannya klik tool paint bucketnya lalu pilih materialnya contoh jika anda ingin memberi material pada meja pilihlah paint bucketnya wood.

Tool fungsi dari tool disamping sama seperti kita menggunakan  word, dari kiri  tool New ini digunakan untuk membuat gambar/objek baru, tool Open ini digunakan untuk membuka file sketchup yang disimpan, tool Save ini digunakan untuk menyimpan gambar/objek yang dibuat dan tool Cut ini digunakan untuk menghapus serta dapat menampilkan lagi ditempat yang berbeda dilayar dengan dipaste.

Tool dari kiri tool Copy & Paste ini digunakan untuk memperbanyak objek yang kita buat, caranya klik/select dahulu objek yang akan dicopy lalu klik tool copynya dan paste dilayar selanjutnya atur penempatan dari objek tersebut. Tool bentuk silang ini dinamakan Erase fungsinya sama dengan tool eraser yaitu untuk menghapus objek.

Tool View tool ini digunakan untuk memudahkan kita untuk membuat suatu objek/gambar, dari kiri view yang pertama dinamakanview isometri ini menampilkan gambar 3 dimensi dari objek yang dibuat berikutnya berturut-turut view top (pandangan atas), view front (pandangan depan), view right (pandangan samping kanan), view back (pandangan belakang) dan view left. Gunakan tool view ini saat anda membuat suatu objek karena dengan menggunakan view akan didapat ketepatan dalam menggambar.

Tool shadow (bayangan) tool ini digunakan untuk membuat bayangan terhadap objek, dari kiri adalah tool shadow setting fungsinya untuk mengatur bayangan yang akan dibuat disini akan ditampilkan pilihan jam berapa, tanggal berapa dan tingkat terang/gelapnya yang dapat kita atur, selanjutnya tool shadow cara pengunaannya klik tool shadownya otomatis akan terbentuk bayangan.

Tool Layer ini digunakan jika kita membuat sebuah objek yang lengkap misalnya membuat sebuah rumah lengkap dengan isinya,  kegunaan layer sangat diperlukan karena kita bisa atur bagian mana yang akan kita gambar, layer bisa kita tambahkan contoh layer untuk bagian atap, bagian dinding, bagian ruang tamu, kamar dlln.

Demikianlah tulisan saya tentang tutorial sketchup, untuk dapat memahami cara menggambar menggunakan sketchup perbanyak latihan dan kamu juga bisa lihat contoh-contoh  gambar di www. youtube.com lalu search tentang sketchup

One thought on “Tutorial Sketchup 7 (5)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s