Tutorial Sketchup 7 (3)


Ini tulisan saya yang ketiga mengenai sketchup, pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan fungsi dari beberapa tool lainnya yang terdapat pada sketchup.

Tool berikutnya adalah push/pull fungsi dari tool ini adalah untuk membentuk bangun dengan cara  push (mendorong/menarik ) contoh:

dimensi dari bangun/ruang yang kita buat dengan cara mempush dapat ditentukan panjang/tingginya contoh kita push 500 mm, caranya drag tool pushnya lalu ketikkan 500 dikolom input dan tekan enter.

Tool selanjutnya adalah move/copy fungsinya sesuai namanya untuk menggerakkan/ memindahkan/menggeser gambar yang kita buat sesuai dengan keinginan, caranya select terlebih dahulu bidang atau bangun yang akan dipindahkan setelah itu klik tool movenya dan drag ketempat dimana ingin kita geser/pindahkan,  jauh pergeserannya bisa kita tentukan, contoh;

gambar disamping hanya contoh pergeserannya, kondisi sebenarnya benda hanya satu.

Berikutnya adalah tool followme tool ini kegunaannya banyak sekali, kita bisa  membuat berbagai macam bentuk seperti pipa, gelas, botol, pegangan pintu dlln, caranya  lihat contoh dibawah

contoh  membuat pipa, pertama kita buat dahulu bentuk pipanya setelah itu baru kita buat jalur pipanya setelah selesai baru klik followme, drag ujung pipa mengikuti jalur pipa yang kita buat, cara kerja yang sama berlaku untuk contoh 2.

Tool Rotate ini digunakan untuk memutar objek yang kita gambar,  gambar bisa diputar sesuai input yang kita inginkan misalnya di ratate 30, 45, 90 dlln. caranya adalah :

objek yang akan dirotate terlebih dahulu di select selanjutnya klik tool rotate lalu tempatkan tool rotate disisi yang akan diputar pada contoh diatas tool rotate diletakkan di permukaan atas benda bisa juga didepan/ disamping, lalu tentukan base/dasar perputarannya (pada gambar nanti muncul garis putus-putus) selanjutnya gerakkan objek kearah putaran yang kita inginkan dan inputkan ukuran dari sudutnya contoh 30 lalu tekan enter.

Tool  offset tool ini digunakan untuk membuat duplikat dari objek yang kita buat, kecuali garis semua bentuk  yang bisa dioffset, contoh

caranya adalah buat dahulu sebuah segi empat lalu klik tool offset selanjutnya klik segiempat ,drag toolnya kedalam atau keluar dari segi empat, ukuran offset bisa tentukan dengan cara mengetikkan dikotak measurement.

Tool scale tool ini dugunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek yang kita buat, caranya select terlebih dahulu  objek yang akan di scale setelah itu drag keatas/kebawah/kesamping sesuai keinginan.

Kalau kita ingin mengakhiri perintah sewaktu membuat suatu objek karena salah tekan saja escape (esc) di keybord.

Demikianlah tulisan saya yang ketiga mengenai tutorial sketchup 7 ,  tulisan saya yang berikut dalam proses, jangan lupa untuk terus belajar dan jangan takut salah..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s