Tutorial Sketchup 7 (2)


Berikut ini saya akan menjelaskan penggunaan tool yang terdapat dalam sketchup, yang pertama adalah:

Tool line ini digunakan untuk membuat garis yang mana panjang dari garis bisa kita inputkan pada kotak measurement yang terdapat pada kanan bawah/kiri bawah dari layar anda contoh :

Tool berikutnya adalah rectangle ini digunakan untuk membuat segi empat secara cepat, caranya klik tool rectangle lalu klik pada layar gerakkan mouse sehingga membentuk segi empat setelah itu klik, kalau kita ingin menentukan besar rectangle yang dibuat jangan diklik dulu pada layar  ketikkan angka berikut pada kotak measurement 1000,500 lalu tekan enter otomatis akan terbentuk segiempat panjang 1000 mm dan lebar 500 mm.

Tool berikut adalah arc (busur) sesuai dengan namanya tool ini digunakan untuk membuat busur dengan tiga kali klik, klik 1 dan 2 untuk panjang busur dan klik yang ketiga untuk jari-jari busur yang besarnya bisa kita tentukan

Berikutnya adalah tool circle (lingkaran) sesuai dengan namanya perintah ini digunakan untuk membuat lingkaran dengan input jari-jari dari lingkaran yang kita buat, contohnya kita buat lingkaran dengan jari-jari 150 mm.

T

ool ini digunakan untuk membuat polygon(segi enam) , input ukuran sama seperti circle yaitu jari-jari .

Tool berikutnya dinamakan freehand (garis bebas) tool ini digunakan untuk membuat garis yang tak beraturan, garis ini dimensinya tidak bisa ditentukan. cara penggunaannya klik dilayar lalu gerakkan mouse sambil menekannnya.

Berikutnya tool eraser ( menghapus) sesuai namanya digunakan untuk menghapus, kalau ini tidak perlu kasih contoh pasti sudah bisa. dan Tool select fungsinya sesuai juga dengan namanya menselect tool atau gambar yang kita buat. demikian dulu tulisan saya yang kedua tentang sketchup, tulisan berikutnya segera akan muncul…. jangan lupa untuk terus mencoba.

Share this article on: Twitter | Facebook | Reddit | Digg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s