TEKNIK MESIN UNSADA

Teknik Mesin Unsada Menerima Bantuan Lab.Motor Bakar & Transmisi dari Toyota.

Jurusan Teknik Mesin Universitas Darma Persada menerima bantuan Laboratorium Motor Bakar & Transmisi dari Toyota Manufacturing Indonesia melalui program CSRnya, bantuan tersebut terdiri dari :

  1. Alat Praktikum Motor bakar bensin dilengkapi dengan engine diagnostic.
  2. Engine Stand
  3. Sistem Transmisi

Dengan adanya bantuan ini maka laboratorium Jurusan Teknik Mesin sekarang mempunyai 5 buah laboratorium yaitu :

  • Laboratorium Desain Manufaktur.
  • Laboratorium Material Teknik
  • Laboratorium Fenomena Dasar Mesin
  • Laboratorium Prestasi Mesin
  • Laboratorium Motor Bakar dan Transmisi

20160725_130851

Terima Kasih Toyota, semoga bermanfaat untuk kemajuan anak negeri tercinta.

=================================================================================

Selamat buat Jurusan Teknik Mesin Unsada atas pencapaian akreditasi B Berdasarkan SK : 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015, Terima Kasih buat semua pihak yang telah ikut membantu, terutama sekali terima kasih untuk Dekan Fakultas Teknik, Alumni Teknik mesin Unsada, Mahasiswa teknik mesin dan Dosen-dosen teknik mesin yang selalu solid dalam membangun Teknik mesin. Semoga hasil ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

=================================================================================

Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Mahasiswa Harus Punya Keahlian Khusus Yang Bisa Bersaing Di Dunia Kerja

Selama ini, jamak pandangan masyarakat bahwa selembar ijazah pendidikan tinggi, terutama bukti gelar sarjana, merupakan kunci utama untuk mendapatkan pekerjaan impian. Namun, seiring makin banyaknya sarjana yang diproduksi institusi pendidikan tinggi, selembar ijazah tak cukup lagi.

Gejala ijazah pendidikan tinggi bukan jaminan mengantarkan ke dunia kerja setidaknya tergambar dalam data yang dikumpulkan Badan Pusat Statistik. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Agustus 2014, di Indonesia ada 9,5 persen (688.660 orang) dari total penganggur yang merupakan alumni perguruan tinggi. Mereka memiliki ijazah diploma tiga atau ijazah strata satu alias bergelar sarjana. Dari jumlah itu, jumlah penganggur paling tinggi, 495.143 orang, merupakan lulusan universitas yang bergelar sarjana.

Pengangguran terdidik itu (baik berijazah diploma maupun strata 1) meningkat dibandingkan tahun 2013 dengan persentase penganggur lulusan perguruan tinggi sebesar 8,36 persen (619.288 orang) dan pada 2012 sebesar 8,79 persen (645.866 orang).

Sejumlah ahli pendidikan tinggi, seperti Wardiman Djojonegoro, dalam pemberitaan di Kompas, menyebutkan, terjadinya pengangguran terdidik merupakan kelindan berbagai faktor, seperti kurangnya lapangan pekerjaan, pertumbuhan perguruan tinggi dan program studi begitu pesat, serta minimnya kompetensi para lulusan atau tidak sesuainya kompetensi dengan kebutuhan pengguna tenaga kerja.

Faktor ketersediaan lapangan kerja merupakan hal kompleks tersendiri yang, antara lain, terkait dengan ketersediaan investasi memadai untuk menyerap tenaga kerja dari lulusan berbagai program studi, kinerja ekonomi nasional, dan kondisi ekonomi global.

Penyebab lain, seperti pengendalian mutu institusi pendidikan tinggi dan pembekalan kompetensi lulusan, sesungguhnya dapat lebih dikendalikan. Jangan sampai, ketika mencari pekerjaan, individu dalam usia produktif tidak memiliki keahlian tertentu sehingga dianggap tidak menarik bagi pencari kerja.

Kompetensi

Kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan kebutuhan dunia kerja sebenarnya sudah ada jalan keluar dengan adanya acuan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI merupakan kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia. KKNI menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan sektor pendidikan dengan sektor pelatihan dan pengalaman kerja dalam skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan struktur di berbagai sektor pekerjaan.

Dengan KKNI, ijazah bukan segala-galanya. Berbekal kompetensi yang dimiliki, seseorang bisa memperoleh status setara dengan pemilik ijazah yang memperoleh lewat jenjang pendidikan tertentu.

Tentu saja pengelola perguruan tinggi harus mengubah paradigma, dengan tidak berpuas diri hanya memberikan ijazah kepada mahasiswa tanpa melihat kemampuan dan keterampilan alumninya.

Terbitnya KKNI menjadi kerangka penjenjangan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja Indonesia. Dengan demikian, kebutuhan pengguna dengan kompetensi tertentu lulusan perguruan tinggi dapat lebih didekatkan.

Perguruan tinggi juga perlu didorong bekerja sama dengan para pengusaha dalam membuka kesempatan magang bagi mahasiswa ataupun alumni yang baru lulus. Para lulusan setidaknya dapat memiliki secuplik gambaran nyata tentang dunia kerja yang akan dimasuki.

Satu hal yang perlu diluruskan ialah sering tercampurnya antara tujuan pendidikan tinggi yang bersifat akademis dan menciptakan manusia berpikir ilmiah dengan pendidikan vokasi yang bertujuan menyiapkan tenaga terampil siap kerja. Individu kadang berpikir bahwa dengan memegang gelar sarjana sudah mendapatkan semua yang dibutuhkan untuk bekerja. Padahal, tidak demikian.

Supaya jumlah penganggur bergelar sarjana berkurang, pemerintah perlu mendorong pengembangan pendidikan vokasi. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berencana memprioritaskan pengembangan pendidikan vokasi.

Data Dikti menyebutkan, ada 1.357 akademi, 2.508 sekolah tinggi, 255 politeknik, dan 124 institut. Adapun universitas hanya ada 504. Artinya, mayoritas perguruan tinggi di Indonesia bergerak di bidang vokasi. Akan tetapi, jumlah program studi (prodi) vokasi hanya 20 persen dari total prodi yang ada. Dengan menambah program vokasi, diharapkan tercipta tenaga kerja terampil yang bisa segera diserap pasar.

Namun, perlu diingat, proses pendidikan di perguruan tinggi tak sekadar pencetak tenaga kerja dan berorientasi pasar. Terdapat sisi dan fungsi penting lain dari penyelenggaraan pendidikan tinggi, termasuk yang bergerak di pendidikan vokasi.

Seperti tertuang dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, pendidikan tinggi berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak ?serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam ?rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Fungsi lain ialah mengembangkan sivitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan ?kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma. Pendidikan tinggi juga berfungsi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora.

Pada akhirnya, pendidikan tinggi tak hanya persoalan investasi individu untuk dapat bekerja, tetapi juga menentukan kesejahteraan bangsa dan peradabannya. (kompas.com)

55 Comments

  1. Ahmad

    mas info lowongan kerjanya bagus2, kalau nggak keberatan tolong di update setiap hari ya mas.

    trima kasih

    Reply
  2. ahmad

    oiya mas nambahin…tolong dikasih keterangan tanggal masuk dan closed nya ya mas

    sekali lagi trima kasih

    Reply
  3. ahmad

    Yups!…makasih mas

    saya tunggu info2 selanjutnya

    salam

    Reply
  4. ahmad

    oiya tambahan mas…buat post yg udah tutup tolong kasih keterangan TUTUP.

    dan lowongan untuk D3 teknik mesin tolong diperbanyak.

    trima kasih.

    Reply
  5. yefri chan

    thanks masukannya..semoga lebih baik

    Reply
    1. rika

      mas untuk pasang lowongn kerja di www ini gratis kan tidak dipungut biaya sama sekali

      thnx

      di tungggu jwb ny segerah

      Reply
  6. Ahmad

    wah!…tambah matching aja tampilannya web nya dan kontennya makin rapi jadi gampang dibacanya.
    oia mas buat teknik mesin yang wanita teknik mesin sebenarnya ada banyak lowongannya ga mas?
    trima kasih.

    Reply
  7. Aries

    Kalau bisa d tampilkan profil perusahaannya tanks!!!!

    Reply
  8. harri

    nice post….salam kenal….check it out blog saya

    Reply
  9. HARIF ALFAJRI,ST

    Jakarta November 2010
    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu. Maka saya yang beratas namakan di bawah ini :

    Nama : HARIF AL FAJRI
    Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1986
    Pendidikan Terakhir : S – 1 Teknik Mesin Universitas Pancasila

    Ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu, saya bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki, tidak lupa saya lampirkan kualifikasi, guna sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy Ijazah S – 1
    3. Foto copy KTP
    4. Foto copy SKCK
    5. Foto copy Transkip Akademik
    6. Foto copy Sertifikat Modul Simulasi Mekanika
    7. Foto copy Modul Simulasi Thermal
    8. Foto copy Modul Autocad 2D
    9. Foto copy Modul CAD – Gambar Mesin
    10. Pas Photo 4 x 6 (1 lembar)
    Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    HARIF AL FAJRI

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    Nama : HARIF AL FAJRI
    Alamat : Jl. Cipinang Lontar 3 RT. 011/09 No. 48
    Jakarta Timur
    No. Telp : 021 – 913 41455
    Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 15 September 1986
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Menikah
    Agama : Islam
    Bangsa : Indonesia

    PENDIDIKAN
    1. SDN 05 Pagi Jakarta Lulus Tahun 1998
    2. SMP Swadaya Jakarta Lulus Tahun 2001
    3. SMK Kemala Bhayangkari I Lulus Tahun 2004
    4. S – 1 Teknik Mesin Universitas Pancasila Lulus Tahun 2010

    Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenarnya.

    Jakarta, November 2010

    Saya yang bersangkutan

    (HARIF AL FAJRI)

    Reply
    1. destyara zarvia

      kami dari PT. Penta Sumberdaya Nusantara bergerak dibidang konsultan saat ini sedang membutuhkan tenaga ahli dibidang teknik mesin. jika berminat dapat mengirimkan lamaran lengkap ke destiara45@gmail.com

      Reply
  10. destu

    salam solidaritas,,,,,,
    tanks banget y mas tas info2 joby, kami sangat terbantu bngt tas adanya blog mas ini…
    tp lo bs d liatin jg info job bagi mhasiswa yg blm tamat karna kami jg mampu,,,, tanks sbelumnya y mas….

    Reply
  11. Yogi iskandar

    Beritahu sya yh lwoNgan trbAru . .

    Reply
  12. don

    blog nya n lowongan nya bagus…
    terima kasih ya…….

    Reply
  13. Rahmat

    info lowonganya bgus…sya sangt terbantu..thnks y..???

    Reply
  14. abdul rahman h

    e bos.. sombong amet, kenapa sms saya ng pernah dibalas ????

    Reply
  15. Ahmad

    mas, klo ada info loker BUMN yg IPK 2,7 tlong kasih tau saya via email diatas ya mas…..thks.

    Reply
  16. bam

    salam kenal mas.
    makasih atas infonya, blognya sangat informatif.

    Reply
  17. FAHRI

    thanks infox bos, sangat2 berguna skali buat kami. tp mohon buat lowongan juga untuk daerah makassar. sekali lagi thanks……

    Reply
  18. tri

    terimakasih infonya

    Reply
  19. ady

    maf gan, ad buat freeLance ga???
    khusus buat autocad 2D

    Reply
  20. Astu

    mesin solid….kasih info untuk lowongan jawa timur juga y?

    Reply
  21. rebekka sr sihombing

    bagus sangadh….
    *_*

    Reply
  22. HENDRA

    MAS YANG UNTUK SMA/STM TOLONG CANTUMIN JUGA YA MAS..

    Reply
  23. ucup

    pak yefri ada lowongan magang gk pak bwt mahasiswa…????

    Reply
  24. Adi Pranata Simanjuntak

    Mohon tetap konvirmasi loker terbaru

    Reply
  25. p3new

    wah lumayan baqgus2 mas, mulai dari ilmunya sampek lowongan2nya nice lah ya.
    up date terus ya mass lowonganya

    Reply
  26. aden

    kok banyak lowongannya di jakarta n luar pulau ya????kalau bsa lowongan yang di surabaya ada gak n tesnya kalau bsa di surabaya ja dulu….

    Reply
  27. Winar endra arif

    karawang November 2011
    Kepada Yth,
    Bapak/Ibu Pimpinan
    Di tempat

    Dengan hormat,
    Sehubungan dengan adanya informasi mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu. Maka saya yang beratas namakan di bawah ini :

    Nama : Winar Endra arif
    Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 21 November 1988
    Pendidikan Terakhir : Negeri 1 Kertosono

    Ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan Bapak/Ibu, saya bersedia ditempatkan dimana saja sesuai dengan latar belakang pendidikan yang saya miliki, tidak lupa saya lampirkan kualifikasi, guna sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu:

    1. Daftar Riwayat Hidup
    2. Foto copy Ijazah
    3. Foto copy KTP
    4. Foto copy Sertifikat welding 3f
    5. Foto copy surat pengalaman kerja
    5. Pas Photo 4 x 6 (1 lembar)

    Besar harapan saya agar dapat diterima di perusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

    Hormat Saya

    Winar endra arif

    DAFTAR RIWAYAT HIDUP

    Nama : Winar endra arif
    Alamat : Dsn.Teluk Jambe Ds.Pinayungan Kec.teluk Jambe timur
    Karawang
    No. Telp : 085714560087
    Tempat/Tanggal Lahir : Surabaya, 21 November 1988
    Jenis Kelamin : Laki-laki
    Status : Belum Menikah
    Agama : Islam
    Bangsa : Indonesia

    PENDIDIKAN
    1. SDN Waung 4 Baron Lulus Tahun 2000
    2. SMPN 1 Kertosono Lulus Tahun 2003
    3. SMKN 1 Kertosono Lulus Tahun 2006.

    Karawang, November 2011

    Saya yang bersangkutan

    Winar endra arif

    Reply
  28. indra permana

    yang bwt lulusan smk nya koq ga ada ya ???

    Reply
  29. aziz

    tolong muatin lowongan yang ada di sumatra, khususnya teknik mesin di aceh, soalnya banyak perusahaan tambang yang sudah masuk, tapi tidak ada info lowker.

    Reply
  30. Mente Bonanza Ge Hepi

    banyak juga ya

    Reply
  31. rika

    mas www ini gratiskan untuk pasang lowongan kerja

    Reply
  32. ABAL

    kalo saya ketik lowongan bogor, keluar informasi ?????????????????????????????????

    Reply
  33. guntur efnowardi

    ada yg buat IPK 2,40 apa ngk??. Perusahaan mau cari pegawai atau cari IPK ya???. atau kebanggaan pribadi yang semu… (guntur welder)

    Reply
  34. U

    IPK 1,0 GMN

    Reply
  35. asep

    menyesal saya telat masuk blog ini, karena ini habitat saya.

    Reply
  36. Leonor

    Just where did u acquire the points to write ““Lowongan Teknik Mesin « MECHANICAL
    BLOG”? Thanks for the post ,Jefferson

    Reply
  37. Cold Sore Free Forever Review

    It’s very simple to find out any topic on net as compared to books, as I found this post at this site.

    Reply
  38. top rated fat burners for women

    Thanks, I have been attempting to find info about this subject matter for ages and yours is
    the greatest I have found thus far.

    Reply
  39. Doreen

    obviously like your web-site but you need to test
    the spelling on several of your posts. Several of them are rife with
    spelling issues and I to find it very bothersome to inform the
    truth however I will certainly come again again.

    Reply
  40. Tamela

    This article was incredibly interesting, especially since I was searching for applying for grants this subject last Thursday.
    Keep posting.

    Reply
  41. mezzanine for sale used

    Normally I do not learn article on blogs, however I would like to say that this write-up very forced me to take a look at and do it! Your writing style has been amazed me. Thanks, very great article.

    Reply
  42. Bessie

    Ideal work you have performed, this website is absolutely cool with good information.

    Reply
  43. health fair ideas

    I do accept as true with all of the concepts you have offered for
    your post. They are really convincing and can definitely work.
    Nonetheless, the posts are very brief for novices. May you please extend
    them a bit from subsequent time? Thank you for the post.

    Reply
  44. How to lose weight

    Wasn’t Cinderella supposed to be mopping up messes anyway. Because of this requirement, online sellers need to look for the most trusted of drop shippers in the internet, which is where Sale – Hoo comes in. You can even go for classic items to ensure profits and sales.

    Reply
  45. www.stockinglovers.net

    What’s up, this weekend is pleasant designed for me, for the reason that this
    time i am reading this enormous informative post here at my home.

    Reply
  46. ekopriyanto79

    makasih gan, infonya sangat bermanfaat

    Reply
  47. http://bit.ly/

    I’m so thankful for this article and kudos for sharing it with us.

    Reply
  48. home remedies for blackheads

    Thanks for this terrific article, I’m glad I discovered this
    site on bing.

    Reply
  49. http://exstudents.in/

    I’d always desire to be updated on new articles on this site, saved them to my top picks!

    Reply
  50. Right here is the perfect blog for everyone who really
    wants to find out about this topic. You understand
    a whole lot its almost tough to argue with you (not that I personally would want to…HaHa).
    You definitely put a fresh spin on a topic that
    has been written about for ages. Excellent stuff,
    just excellent!

    Reply
  51. Lowongan Kerja Gratis Jakarta

    bisa di tambahin keterangan untuk kualifikasi tentang lowongannya gk?
    dari range gaji dan spesifikasi pelamaran nya …
    biar lebih jelas dan tidak pusing lagi menanyakan hal yang sama berulang kali ,,,
    untuk informasi lowongan kerja akuntasi dan perpajakan disini apa ada ketegori khusus atau tidak???

    Reply
  52. Vigrx Plus Discount

    Sometimes its a pain in the ass to read what blog owners wrote yet this site
    is truly remarkable and I truly treasure your piece of work,
    Great post.

    Reply
  53. skin tag remover walmart

    This is an excellent content! I’m swept away by
    your presentation and also one of a kind opinions.
    I agree with so much. I’ll return for more very good posts.

    Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *