Seminar Nasional Teknik Mesin (SNTM)

Seminar Nasional Teknik Mesin (SNTM) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Kristen Petra (UK Petra). Pada tahun 2015 ini, SNTM akan diselenggarakan untuk ke sepuluh kalinya. Sejak pertama kali diadakan hingga SNTM yang ke-9, berbagai kontribusi dari para akademisi dan profesional yang terpilih menunjukkan bahwa kegiatan rutin ini telah menjadi media diskusi dan pertukaran informasi yang baik untuk membahas perkembangan penelitian dan inovasi di bidang Teknik Mesin.

Melihat peranan bidang Teknik Mesin yang vital dan strategis di industri serta menyadari pentingnya meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya, maka SNTM 10 ini mengusung tema “Meningkatkan Produktivitas dan Daya Saing Bangsa Melalui Penelitian dan Inovasi di Bidang Teknik Mesin.” Tidak dapat dipungkiri bahwa kualitas penelitian yang baik dalam bidang Teknik Mesin sangat berperan dalam memajukan kegiatan industri. Oleh karena itu, melalui SNTM 10 ini karya-karya penelitian yang berkualitas diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi peningkatan produktivitas industri dan daya saing produk Indonesia.

Ruang lingkup makalah meliputi:

A. Bidang Manufaktur (proses manufaktur, sistem manufaktur, dan material).

B. Bidang Otomotif (kajian terkait mesin, pemindah daya, sistem kemudi, sistem suspensi, sistem rem, bodi, sistem listrik)

C. Bidang Konversi Energi (energi baru dan terbarukan, sistem pengkonversi energi termal, pengering, pendingin, pembakaran, mesin-mesin fluida, pemodelan & simulasi, dan teknologi tepat guna).

D. Desain (konstruksi, peralatan material handling, pemodelan & simulasi mekanik, desain produk, mekatronika, alat pertanian, dan teknologi tepat guna). Sumber ; http://sntm.petra.ac.id.

Seminar Nasional Teknik Mesin

Follow Laskar Teknik:

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *