LEBIH UNTUNG MANA BISNIS ARANG BATOK KELAPA ATAU SERBUK BATOK KELAPA

Pertanyaan yang sering muncul ketika akan memulai bisnis batok kelapa adalah mana yang lebih menguntungkan membuat arang batok kelapa atau membuat serbuk batok kelapa, berikut saya mencoba membuat sedikit anilisis bisnis kedua produk dari batok kelapa ini berdasarkan jumlah penggunaan bahanbakunya :

  1. Arang Batok Kelapa

Proses pembuatan arang batok pada umumnya menggunakan drum, proses ini biasanya akan menghasilkan arang batok dengan perbandingan bahan baku batok kelapa 1kg : 3,5 kg artinya untuk 1 kg arang batok kelapa membutuhkan 3,5 kg batok kelapa. Jika kita rupiahkan, jika 1 kg batok harganya Rp.1000. maka untuk 1 kg arang batok membutuhkan Rp. 3500. Dengan harga jual arang batok dikisaran Rp. 5500/kg s/d Rp. 6000/kg. ada margin sekitar Rp 2000/kg s/d Rp 2500/kg.

2. Serbuk Batok Kelapa

Proses pembuatan serbuk batok yaitu dengan cara menggiling menggunakan mesin khusus sehingga didapat serbuk dengan tingkat kehalusan sampai mesh 80. Untuk menghasilkan 1kg serbuk biasanya membutuhkan 1,5 kg s/d 2 kg batok kelapa. Kalau kita rupiahkan untuk menghasilkan 1kg serbuk batok menghabiskan biaya Rp. 1500 s/d Rp. 2000/kg. Untuk harga jual serbuk batok kelapa berkisar antara Rp. 2500/kg s/d Rp. 3000/kg, berarti ada margin kisaran Rp. 1000/kg s/d Rp. 1500/kg.

Perbandingan diatas merupakan analisis berdasarkan kebutuhan bahan baku saja, ada variabel lain seperti upah, harga drum dan lama pemakaian drum untuk arang batok kelapa, kalau untuk serbuk harus investasi untuk pembelian mesin pembuatan serbuk, maintenance, lama pemakaian mesin dan upah.

 

Follow Laskar Teknik: