Konversi Biomassa Menjadi Energi

Berbagai alternative jalur konversi yang dapat dilakukan dalam pemanfaatan biomassa dan limbah biomassa sebagai sumber energi  adalah :

a.       Konversi dengan cara mikrobiologis

b.      Konversi dengan cara pirolisa

c.       Konversi dengan cara gasifikasi

d.      Konversi dengan cara densifikasi

e.      Konversi dengan cara pembakaran

  • Konversi dengan cara Mikrobiologis

Adalah konversi biomassa dengan menggunakan jasa bakteri untuk menguraikan atau mengubah biomassa menjadi bentuk bahan bakar yang lebih menguntungkan. Contoh konversi dengan cara ini antara lain adalah pembuatan gas bio dari limbah biomassa(sampah, tinja, kotoran ternak, limbah pertanian) dan pembuatan etanol dari bahan pati. Pada pembuatan gas bio, biomassa dalam degester diuraikan menjadi metan (CH4) dan berbagai gas lain dan air. Sedangkan pada pembuatan etanol dari bahan pati, biomassa dengan kadar pati tinggi difermentasi menjadi etanol (alcohol).

  • Konversi dengan cara Pirolisa

Adalah konversi biomassa dimana biomassa terurai karena proses panas menjadi unsur karbon (arang), air, beberapa jenis senyawa hidrokarbon dan berbagai jenis gas. Tujuan konversi ini adalah mengubah biomassa menjadi arang, dan selanjutnya arang yang dihasilkan digunakan sebagai bahan bakar untuk berbagai tujuan atau dimanfaatkan untuk non energi (missal untuk bahan industri, obat dan kosmetik. (sumber Sri Endah A. IPB)

To be continued……

Follow Laskar Teknik:

1 Comment

  1. Pingback: Efek Rumah Kaca Pada Pengering Surya | MECHANICAL ENGINEERING

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *