Cara Pembuatan Arang Cangkang Sawit

Cangkang sawit merupakan sumber bahan bakar yang sangat bagus karena mempunyai nilai kalor hampir sama dengan batok kelapa, Cangkang sawit dapat mempunyai nilai lebih kalau diolah menjadi arang dan briket, sehingga mempunyai umur simpan dan pakai lebih lama.

Pembuatan Arang dari cangkang sawit tidak sama dengan Pembuatan Arang dari Batok Kelapa, proses pembuatan arang cangkang sawit dikenal dengan istilah cara pembakaran tidak langsung, artinya cangkang sawit tidak bersentuhan langsung dengan api, tapi melalui media seperti baja atau stainless steel.
Berikut Tahapan dalam pembuatan arang dari Cangkang Sawit :
  1. Cangkang sawit dibersihkan dari sabut melekat dicangkang sampai bersih, karena kalau masih ada sabutnya akan mengurangi kualitas dari arang yang dihasilkan.
  2. Masukka cangkang sawit kedalam drum atau wadah, jangan di isi sampai terlalu penuh, karena diperlukan ruang untuk mengaduk supaya

    Sumber : jeffreyfunkmetalworker.com

    arang yang dihasilkan merata. Kalau drum dalam keadaan tertutup, buat lubang supaya asap hasil pembakaran bisa keluar, untuk ukuran drum standar ukuran lubangnya cukup ukuran 3 Inchi

  3. Bakar drum atau wadah dari bawah jangan sampai api langsung membakar cangkang sawit. jaga api tetap besar sampai tidak ada lagi asap keluar dari drum, kalau memnggunakan wadah sampai warna cangkang sawit sudah berubah menjadi hitam.
  4. Lama pembakaran biasanya sekitar 2 jam kalau api pembakarannya dijaga.
  5. Diamkan sekitar 6 jam untuk proses pendinginan.

Demikianlah cara pembuatan arang dari cangkang sawit, semoga bermanfaat jika ada pembaca yang mempunyai pengalaman tentang proses pembuatan arang dari cangkang sawit bisa di share ini. Terima kasih.

Follow Laskar Teknik: